Home / Kesehatan / Teh Hijau Efektif Bunuh Sel Kanker

Teh Hijau Efektif Bunuh Sel Kanker

IlustrasiTeh hijau selain kaya antioksida dan menenangkan, penelitian terbaru menyatakan bahwa minuman kesehatan herbal ini juga dapat membunuh sel-sel kanker, khususnya kanker mulut.

Zat yang bernama katekin yang ada dalam teh, dapat membunuh sel kanker tanpa ikut menghancurkan sel sehat di dalam tubuh. Seorang profesor dari Penn State University, Joshua Lambert menyatakan bahwa senyawa yang bernama EGCG atau epigallocatechin 3 gallate, terbukti membunuh sel-sel kanker dan tidak membunuh sel normal.

Tetapi uniknya para peneliti tersebut tidak mengerti mengapa zat katekin membuat sel kanker sebagai targetnya. Riset terbaru juga menemukan EGCG dapat memicu proses dalam mitokondria yang menyebabkan kematian sel.

Para peneliti meneliti mulut manusia normal dan mulut manusia dengan kanker untuk mengetahui bagaimana cara kerja EGCG, dan bagaimana konsentrasinya ditemukan pada orang yang mengunyah permen karet dengan rasa teh hijau.

Ternyata terdapat protein bernama sirtuin 3 atau SIRT3, zat terpenting untuk melakukan penghancuran. EGCG dapat selektif mengaktifkan atau mengnonaktifkan sel kanker tersebut

Joshua Lambert dan tim berencana untuk membuat sel anti-kanker yang lebih efektif untuk menciptakan obat yang ampuh. Menurutnya, kemoterapi hanya membelah-belah sel dengan cepat, sehingga efeknya dapat merontokkan rambut. Tetapi, teh hijau tidak menimbulkan efek samping sama sekali.

Teh hijau belakangan memang semakin diminati karena manfaatnya bagi kesehatan yang sangat banyak, selain juga digunakan dalam upaya melangsingkan tubuh.
Berikut ini manfaat teh hijau yang menjadi alasan kenapa mulai sekarang Anda harus menjadikan teh hijau ini sebagai minuman favorit seperti dilansir laman Thirdage:

1. Mengurangi Risiko Kanker
Teh hijau mempunyai peranan dalam tubuh sebagai antioksidan yang 100 kali lebih kuat daripada vitamin C dan 24 kali lebih efektif dari fungsi vitamin E. Ini akan menyokong tubuh Anda terhindar atau terlindungi dari penyakit yang disebabkan oleh tumbuhnya sel kanker.

2. Mencegah Penyakit Jantung
Teh hijau membantu mencegah kerusakan jantung dan penyakit stroke pada seseorang yang mengalami hipertensi. Tentuya dengan cara menurunkan kadar kolesterol tanpa mengurangi jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Di samping itu keistimewaan teh ini adalah memperkecil angka kematian akibat kerusakan jantung dengan mempercepat proses pemulihan sel-sel pada jantung.

3. Menangkal Radikal Bebas
Teh hijau merupakan salah satu rahasia kecantikan wanita jepang, meski usia sudah tua kulit wajah dan tubuh tidak terlihat seperti orang lansia yang berada di negara kita.

Hal tersebut dikarenakan kandungan antioksidan yang dikenal sebagai polifenol dalam teh hijau berfungsi melawan radikal bebas. Sehingga membantu Anda melawan penuaan dan meningkatkan umur panjang.

4. Menurunkan Berat Badan
Teh hijau akan membantu proses metabolisme alami tubuh dan membantu pembakaran lemak yang menumpuk pada bagian perut, paha, lengan dan bagian yang mudah menampung lemak pada tubuh lainnya.

Rutin konsumsi teh hijau perhari dalam membakar hingga 70 kalori dalam waktu satu hari pula dan membantu menurunkan berat badan hingga 7 kg dalam satu tahun. Meski sedikit, Anda bisa mengkombinasikan program diet dengan rutin berolahraga serta menghindari makanan berlemak.

5. Mencegah Kanker Kulit
Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan lebih cepat dan merusak kulit serta menjadikan kulit keriput. Untuk mencegah hal tersebut teh hijau berperan menepis radikal bebas serta melawan penyakit kanker kulit.

6. Mengurangi Risiko Rheumatoid Arthiritis
Rheumatoid Arthritis atau radang sendi adalah penyakit yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang diri sendiri sehingga terjadi perdangan dalam waktu lama pada sendi. Penyakit ini mengincar persendian yang diindikasikan dengan radang pada membran sinovial dan struktur-struktur sendi dan atrofi otot serta penipisan tulang.

Teh hijau dapat membantu diri Anda terhindar sekaligus memperkecil risiko terserang penyakit tersebut karena beberapa kandungan di dalamnya yang mampu melindungi tulang rawan terhadap kehancuran dengan cara menghalangi enzim yang menhancurkan tulang rawan (mudah rapuh).

7. Memperkuat Tulang
Selain penyakit pada persendian dan tulang, teh hijau juga dipercaya para ahli sebagai alternatif herbal untuk memperkuat dan mempertahankan kepadatan tulang. Ini karena adanya kandungan flouride yang tinggi dan ditemukan dalam teh hijau yang mana membantu mempertahankan kepadatan tulang setiap hari.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol
Teh hijau juga membantu menurunkan kadar kolesterol dengan rasio kolesterol jahat lebih banyak diturunkan dan menjaga kadar kolesterol baik yang biasa disebut dalam dunia medis sebagai HDL Cholesterol (High Density Lipoprotein Cholesterol).(LMC/DTC)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top