Home / Hukum / Polda Sumut Periksa Tiga Saksi terkait Usia Terpidana Mati

Polda Sumut Periksa Tiga Saksi terkait Usia Terpidana Mati

Ilustrasi - Markas Polda Sumatera Utara di Medan. (Foto: LintasMedan/ist)

Ilustrasi – Markas Polda Sumatera Utara di Medan. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 28/3 (LintasMedan) – Tim Investigasi yang dibentuk Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) telah meminta keterangan tiga saksi untuk memastikan umur terpidana mati asal Nias, Yusman Telambanua.

Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Helfi Assegaf di Medan, Sabtu, mengatakan, ketiga saksi itu, masing-masing kakak kandung Yusman Telaumbanua, kakak kelas dan kepala desa setempat.

Dari hasil pemeriksaan saksi tersebut, kakak kandung Yusman menyatakan bahwa adiknya itu lahir tahun 1989, kakak kelas Yusman menyatakan lahir 1991 dan kepala desa setempat menyatakan Yusman sudah dewasa.

“Keterangan tersebut sudah ada, tidak ada saksi maupun dokumen yang mendukung dan menyatakan terpidana mati di bawah umur,” kata Helfi.

Terkait keterangan saksi-saksi tersebut, kini Polda Sumut masih terus mencari bukti-bukti lainnya.

Hal ini untuk memastikan kelahiran terpidana mati Yusman dari pihak keluarga maupun tetangga.

“Ya tim dalam pencarian ke Nias itu sudah selesai dan sudah balik pada Senin kemarin, tim dalam penyidikan sudah melakukan sesuai prosedur,” ujarnya.

Mengenai pernyataan KontraS Sumut yang menyebut telah mendapatkan akte baptisan yang menyebutkan Yusman lahir 30 Desember 1996, Helfi menganggap akte tersebut tidak bisa dijadikan rujukan.

“Ya kalau membuat itu kan bisa bisa saja, tak ada persyaratan, persyaratan Kartu Tanda Penduduk tak ada, kartu keluarga pun tidak ada,” kata Helfi.

Yusman Telaumbanua dan seorang tersangka lainnya dipidana mati oleh Pengadilan Negeri (PN) Gunung Sitoli, atas kasus pembunuhan berencana terhadap Kolimarinus Zega, Jimmi Trio Girsang dan Rugun Br Haloho.

Kasus itu terjadi pada 24 April 2012 sementara vonis hakim dijatuhkan pada 21 Mei 2013. (LMC/Dtc)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top