Home / Sports / Soekirman Dikukuhkan jadi Ketua FAJI Sumut

Soekirman Dikukuhkan jadi Ketua FAJI Sumut

Soekirman

Soekirman

Medan, 7/3 (LintasMedan) – Bupati Serdang Bedagai Soekirman dikukuhkan menjadi Ketua Umum Pengurus Daerah Federasi Arung Jeram Indonesia (FASI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) periode 2014-2018, di Medan, Sabtu.

Soekirman terpilih menjadi Ketua Umum Pengda FAJI Sumut berdasarkan hasil musyawarah daerah FAJI pada 22 Juni 2014 dan dikukuhkan melalui surat keputusan Ketua Umum PB FASI Mayjen TNI (Mar) A. Faridz Washington.

“Kami bertekad menjadikan arung jeram sebagai cabang olahraga yang mampu berkontribusi mengharumkan nama Sumut sekaligus menarik wisatawan untuk menikmati arung jeram,” kata Soekirman.

Menurut dia, Sumut banyak memiliki sungai yang potensial dikembangkan sebagai sarana olahraga dan wisata arung jeram atau rafting.

Bahkan, katanya, Sungai Asahan secara geografis oleh organisasi arung jeram internasional dinilai masuk kategori tiga besar terbaik di dunia.

Namun sayangnya, lanjut dia, kondisi sebagian daerah aliran sungai di Sumut dewasa ini telah tercemar dan kualitas airnya sudah melampui ambang batas kesehatan.

Bahkan, kata Soekirman, debit air di sebagian besar daerah aliran sungai dari tahun ke tahun terus berkurang akibat kian meningkatnya aktivtas masyarakat dan sektor dunia usaha di hulu dan sekitar bantaran sungai.

Mencermati meningkatnya degradasi lingkungan sungai tersebut, Soekirman mengajak semua elemen masyarakat untul lebih peduli terhadap kebersihan dan kelestarian sungai di provinsi ini.

Ia juga berkomitmen untuk melibatkan segenap pengurus maupun atlet FASI Sumut dan pegiat lingkungan untuk ikut berperan aktif mengelola kebersihan dan kelestarian sungai.

Khusus dalam upaya meningkatkan kinerja pembinaan atlet arung jeram, pihaknya berharap optimalisasi dukungan dana dari KONI Sumut, termasuk Pemerintah Provinsi setempat dan segenap pemangku kepentingan atau stakeholders.

Sementara itu Ketua Umum KONI Sumut Gus Irawan, mengapresiasi atas terbetuk dan dikukuhkannya kepengurusan Pengda FAJI setempat setelah mengalami vakum sejak tahun 2002.

“Saya berharap pengurus¬† FAJI Sumut yang baru dikukuhkan untuk bekerja keras memajukan prestasi arung jeram di provinsi ini,” ujarnya.

Pengurus FAJI Sumut periode 2014-2018, antara lain terdiri dari ketua umum Soekirman, ketua harian Ade S. Chandra, sekretaris umum Elwin Reza Pahlevi dan bendahara Tri Dini Lestari. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey