Home / Medan / Hentikan Pembangunan di Lokasi Lapangan Merdeka

Hentikan Pembangunan di Lokasi Lapangan Merdeka

Areal Lapangan Merdeka Medan yang belakangan dijadikan lokasi kuliner, hingga bediri sejumlah bangunan yang menutupi lapangan kebanggaan masyarakat Kota Medan itu.(Foto-Ilustrasi-LintasMedan/ist)

Medan, 27/5 (LintasMedan) – Komisi D DPRD Medan meminta
Lapangan Merdeka sebagai ikon bersejarah harus ditata dan dilindungi.

“Penambahan bangunan di kawasan Lapangan Merdeka harus dihentikan sehingga kawasan itu merdeka harus dihentikan, sehingga tidak menghilangkan nilai sejarah dan fungsi lapangan tersebut,” kata
Ketua Komisi D DPRD Medan Ahmad Arif saat melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perumahan Pemukiman (Perkim), Rabu.

Pendapat yang hampir sama juga disampaikan anggota komisi D Ilhamsyah, yang mengaku tidak setuju penambahan bangunan di kawasan Lapangan Merdeka.

“Lapangan merdeka sebagai ikon kota Medan dan kawasan bersejarah harus dipertahankan dan dilestarikan,” katanya.

Anggota dewan lainnya Maruli Tua Tarigan menegaskan, pihaknya sudah menggagas pembentukan panitia khusus (Pansus) DPRD Medan untuk “Memerdekakan Lapangan Merdeka”.

“Intinya kawasan lapangan merdeka harus dikosongkan dari segala bentuk bangunan. Lapangan Merdeka harus dijadikan lapangan kebanggaan warga kota Medan untuk aktifitas olahraga dan upacara hari besar”, ujar Maruli Tua.

Pada kesempatan itu juga Komisi D DPRD Medan berkesimpulan tidak akan menyetujui adanya penambahan alokasi anggaran untuk pendirian segala bentuk bangunan apapun di Lapangan Merdeka.

Kunjungan wakil rakyat tersebut diterima Kadis Perkim Kota Medan Gunawan Surya Lubis dan sejumlah stafnya.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey