Home / Medan / Walikota Resmikan Pasar Induk Tuntungan

Walikota Resmikan Pasar Induk Tuntungan

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin menandatangani prasasti pada peressmian pasar induk di, Jalan Bunga Turi, Kelurahan Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan, Jumat (19/6).  (Foto:  LintasMedan/ist)

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin menandatangani prasasti pada peresmian pasar induk di Jalan Bunga Turi, Kelurahan Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan, Jumat (19/6). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 19/6 (LintasMedan) – Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin meresmikan pasar induk di Jalan Bunga Turi, Kelurahan Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan, Jumat.

“Semoga pasar induk ini dapat dijadikan salah satu sarana untuk membangun sendi-sendi ekonomi kerakyatan kita,” kata Walikota Medan dalam acara peresmian pasar induk tersebut.

Eldin juga berharap pasar yang memiliki lahan seluas 12 hektar ini kelak dapat menjadi salah satu model percontohan pasar induk tradisional modern terbaik di Kota Medan, sekaligus mampu menjadi pemasok utama sayur dan buah.

Pasar induk ini memiliki 720 unit grosir, 320 unit sub grosir serta 56 unit wisata buah.

Ia mengemukakan, pengoperasian pasar induk pertama di Kota Medn itu sudah lama diharapkan oleh para pedagang yang sebelumnya berjualan di kawasan Jalan Sutomo Medan.

“Ini merupakan salah satu bukti nyata komitmen Pemko Medan dan DPRD Medan untuk terus mempersiapkan berbagai infrastruktur perekonomian kota yang dibutuhkan masyarakat luas,” ujarnya.

Walikota mengimbau kepada seluruh pedagang agar ikut bahu membahu menjaga kebersihan dan merawat pasar induk itu.

Khusus kepada para pedagang sayur mayur yang hingga kini masih bertahan di kawasan Jalan Sutomo Medan, pihaknya berharap agar segera bergabung dengan para pedagang lainnya di pasar induk Tuntungan.

Pada saat acara peresmian pasar tersebut, terlihat sejumlah pedagang menyambut dengan suka cita.

Sebagai bentuk ucapan terima kasih, para pedagang mengenakan uis beka buluh atau kain adat khas Karo di bahu Walikota Medan.

Peresmian pasar induk itu ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Walikota Dzulmi Eldin.

Acara tersebut turut dihadiri, antara lain Kapolresta Medan AKBP Mardias Kusin Dwihanoto, Dandim 0201/BS Letkol Inf Maulana Ridwan, Danyon Marinir Mayor Mar Yustinus, Khairur Rahman mewakili Kajari Medan dan Kapten CR Tarigan mewakili Danlanud Soewondo. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey