Home / Headline / Gubernur Sumut Tinjau Kesiapan Angkutan Lebaran

Gubernur Sumut Tinjau Kesiapan Angkutan Lebaran

Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho (kedua kanan), menyempatkan diri berbincang dengan seorang sopir bus disela meninjau kesiapan angkutan lebaran, di Terminal Terpadu Amplas Medan, Jumat (10/7). Dari hasil tinjauan tersebut, sarana dan prasarana di terminal bus tersebut itu siap dioperasikan untuk arus mudik Lebaran 2015. (Foto: LintasMedan/ist)

Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho (ketiga kiri), menyempatkan diri berbincang dengan seorang sopir bus disela meninjau kesiapan angkutan lebaran, di Terminal Terpadu Amplas Medan, Jumat (10/7). Dari hasil tinjauan tersebut, sarana dan prasarana di terminal bus  itu dinilai siap dioperasikan untuk arus mudik Lebaran 2015. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 10/7 (LintasMedan) – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho meninjau kesiapan sarana dan prasarana angkutan Lebaran 2015 di Terminal Terpadu Amplas Medan, Jumat.

Disela-sela peninjauan tersebut, Gubernur memperoleh penjelasan dari pihak Ditlantas Polda Sumut serta melihat langsung tahapan pengecekan kesehatan para sopir.

Selain itu, Gatot mengecek kondisi fisik bus dan meninjau posko Palang Merah Indonesia (PMI).

“Saya hari ini melakukan pengecekan kesiapan arus transportasi mudik lebaran. Kalau dari pihak kepolisian, kesiapan SIM, STNK. Sedangkan, dari Dishub pengecekan tentang fisik kenderaan, BNN Provinsi terkait kesiapan sopir, bagaimana tekanan darahnya, apakah menggunakan narkoba atau tidak,” katanya.

Pada kesempatan itu, Gubernur mengingatkan para sopir agar senantiasa memperhatikan kecepatan serta mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang.

Ia menilai, semua sarana dan prasarana angkutan Lebaran di Terminal Amplas tergolong siap operasi.

Khusus mengenai langkah antisipasi mengatasi kemacetan lalu lintas, pihaknya telah menyiagakan sejumlah posko yang melibatkan instansi terkait, antara lain Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum.

Disebutkan, titik rawan macet di jalur lintas timur Sumatera, di antaranya di sekitar Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai.

Kepala Dinas Perhubungan Sumut Anthony Siahaan, menjelaskan jumlah pemudik Lebaran tahun 2015 yang menggunakan sarana transportasi darat di Sumut diperkirakan mengalami kenaikan sekitar tujuh persen.

“Pengendara sepeda motor tetap paling banyak,” ujarnya. (LMC-01)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey