Home / Luar Negeri / Mantan Menlu Arab Saudi Meninggal Dunia

Mantan Menlu Arab Saudi Meninggal Dunia

Pangeran Saud al-Faisal menjadi menteri luar negeri Arab Saudi selama 40 tahun.(Foto:LintasMedan/BBC)

Pangeran Saud al-Faisal menjadi menteri luar negeri Arab Saudi selama 40 tahun.(Foto:LintasMedan/BBC)

Arab Saudi, 10/7 (LintasMedan) – Pangeran Saud al-Faisal dari Arab Saudi, yang menyandang predikat sebagai menteri luar negeri yang paling lama menjabat di dunia, telah meninggal pada usia 75 tahun.

Belum terdapat pernyataan resmi mengenai penyebab kematiannya. Namun, mendiang sempat menjalani sejumlah operasi bedah dalam beberapa tahun terakhir.

Almarhum menjabat sebagai menteri luar negeri Arab Saudi selama 40 tahun, sebelum pensiun pada April lalu.

Selama kurun waktu tersebut, dia dipandang sebagai wajah dan suara publik bagi negara yang memilih melakukan kegiatan diplomasinya secara rahasia.

“Pangeran Saud al Faisal adalah pria dengan rasa kemanusiaan, belas kasih dan kebijaksanaan yang besar,” kata mantan perdana menteri Inggris Tony Blair dalam sebuah pernyataan. “Dia bekerja keras untuk kedamaian.”

Ketua Liga Arab, Nabil al-Arabi, mengatakan dunia telah kehilangan seorang diplomat yang “mulia”.

Adapun juru bicara Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, Osama Nugali, mengatakan: “Air mata berlinang dan hati terasa berat.”

Pangeran Saud merupakan putra Raja Faisal. Dia lahir pada 1940 dan merupakan salah satu generasi pertama yang menerima pendidikan tradisional dan Barat.

Jurusan ekonomi dipilihnya sewaktu mengenyam pendidikan di Universitas Princeton, Amerika Serikat, pada tahun 1960an.

Pada 1970, dia menjadi wakil gubernur perusahaan sumber daya alam milik pemerintah, Petromin. Tahun berikutnya dia diangkat menjadi wakil menteri perminyakan dan sumber daya mineral.

Dia diangkat menjadi menteri luar negeri pada 1975.(LMC/BBC)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey