Home / Sports / PRSI Sumut Targetkan Emas Polo Air

PRSI Sumut Targetkan Emas Polo Air

Ketua Umum Pengprov PRSI Sumut, bersama pengurus lainnya pada rapat menjelang pelantikan pengurus PRSI Sumut periode 2015-2020, Senin (13/7).(Foto:LintasMedan/Irma)

Ketua Umum Pengprov PRSI Sumut Muchrid Nasution  bersama pengurus lainnya pada rapat menjelang pelantikan pengurus PRSI Sumut periode 2015-2019, Senin (13/7).(Foto:LintasMedan/Irma)

Medan, 14/7 (LintasMedan) – Ketua Umum Pengprov PRSI Sumut H Muchrid Nasution SE mengatakan, pihaknya menargetkan akan merebut kembali medali emas polo air pada PON XIX/2016  di Bandung, Jawa Barat.

” Sumut pernah dikenal sebagai gudangnya pemain polo air nasional, bahkan daerah ini mencatat prestasi dengan menyandang juara nasional selama 17 tahun. Oleh karena itu kami berupaya akan mengembalikan kejayaan dengan merebut kembali emas di PON 2016.” ujarnya di sela buka puasa bersama dan perkenalan pengurus PRSI Sumut periode 2015-1019 di Medan, Senin.

Muchrid Nasution yang akrab disapa Coki itu menambahkan, pihaknya dalam waktu dekat segera membentuk tim polo air Sumut untuk dipersiapkan menghadapi Kejurnas/Prakualifikasi PON yang berlangsung pada 24-28 Nopember mendatang di Seruni, Bogor, Jabar.

“Usai lebaran, tim polo air ini akan terbentuk dan segera menjalani Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) menghadapi Pra PON. Para atletnya sudah didata dan mereka segera kita panggil,” ujar Coki yang juga ketua Komisi C DPRD Sumut.

Tim polo air Sumut pernah menoreh prestasi membanggakan yakni merebut empat emas PON berturut-turut yakni PON VIII/1977, PON IX/1981, PON X/1985 dan PON XI/1989.
Pada PON XVII/2008 di Kaltim Sumut kembali merebut emas. Prestasi terakhir di PON XVIII/2012 Pekanbaru yakni medali perunggu.

Coki menaruh harapan yang cukup besar terhadap polo air, mengingat perenang andalan Sumut Indra Gunawan yang merebut dua emas di arena PON 2012 lalu telah hijrah ke Jatim. Selain itu baru-baru ini atlet polo air asal Pematangsiantar Bobby Eka Paksi juga telah hijrah ke Jabar.

Mengenai komposisi kepengurusan PRSI Sumut periode 2015-2019 dihuni sekitar 80 persen mantan atlet. Diantaranya mantan pemain polo air nasional T Rinel Rizal, T Zainal Arifin Bustamam, T Radek Iskandar, Zulfan Effendi Nasution, T Ade Maulanza, Semi Suharto, M Jufira, Halim Saputra, Ariski Putra Yusuf dan Indrawan Ginting. Selain itu pada cabang renang Sumut dibesut mantan perenang nasional Brian Howard.

“Dengan keberadaan para mantan pemain polo air dan perenang nasional ini diharapkan PRSI Sumut bisa mengembalikan kejayaannya,” harapnya.

Porwil se-Sumatera

Coki juga menyebutkan, pihaknya juga telah mempersiapkan para perenangnya untuk Porwil se-Sumatera yang digelar pada Nopember mendatang di Babel. Tercatat ada 19 perenang yang dipersiapkan untuk Porwil se-Sumatera, seorang diantaranya berasal dari Pematangsiantar.

Saat ini Sumut menaruh harapan pada perenang M Fachri. Prestasi terakhirnya merebut tiga medali perunggu pada PON Remaja I/2014 di Surabaya.

Sedangkan dari cabang loncat indah, sebanyak tiga atletnya saat ini menjalani pelatihan jangka panjang di Ragunan Jakarta. Mereka dipersiapkan menghadapi Kejurnas/Prakualifikasi PON pada 21-24 Desember mendatang di Bandung, Jabar.

Dalam waktu dekat, PRSI Sumut juga mempersiapkan atketnya menghadapi Kejuaraan Renang Perairan Terbuka pada 28-30 Agustus mendatang di Ambon, Maluku.

Saat ini kepengurusan PRSI Sumut telah mendapat rekomendasi dari KONI Sumut dan menunggu SK dari PB PRSI. Menurut rencana PRSI Sumut akan dikukuhkan  akhir September 2015 (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey