Home / Medan / Wagub Sumut Sidak Pelayanan Publik pada H-2 Lebaran

Wagub Sumut Sidak Pelayanan Publik pada H-2 Lebaran

 Wakil Gubernur Sumut H.T Erry Nuradi meninjau posko mudik Lebaran 2015 di kantor Dinas Kesehatan Sumut, saat melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah instansi di lingkungan Pemprov Sumut, di Medan, Rabu (15/7).  (Foto: LintasMedan/ist)


Wakil Gubernur Sumut H.T Erry Nuradi (kedua kiri) meninjau posko mudik Lebaran 2015 di kantor Dinas Kesehatan Sumut, saat melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah instansi di lingkungan Pemprov Sumut, di Medan, Rabu (15/7). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 15/7 (LintasMedan) – Wakil Gubenur Sumatera Utara (Sumut) H.T Erry Nuradi, di Medan, Rabu atau pada H-2 Lebaran 2015 melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah institusi pelayanan publik di lingkungan Pemprov setempat.

Sidak bertujuan untuk mengetahui secara langsung tingkat kehadiran dan disiplin pegawai negeri sipil di masing-masing intansi tersebut.

Dalam sidak yang didampingi Asisten IV Administrasi Umum dan Aset Setdaprov Sumut Fitriyus, Wagub pertama kali mengunjungi Dinas Pendidikan Sumut di Jalan Cik Ditiro Medan.

Kedatangan Erry Nuradi disambut Kepala Dinas Pendidikan Sumut serta sejumlah pejabat eselon III di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) tersebut.
Wagub melihat suasana kerja dan keberadaan pegawai Dinas Pendidikan Sumut beraktifitas di hari terakhir kerja menjelang Lebaran.

Tingkat kehadiran PNS di kantor Dinas Pendidikan Sumut saat itu mencapai 90 persen dari sekitar 312 pegawai.

Selanjutnya Erry dan rombongan melakukan sidah ke kantor Badan Pelayanan dan Perizinan Terpadu (BPPT) Sumut di Jalan Wahid Hasyim Medan.

Tingkat kehadiran PNS di kantor BPPT Sumut saat itu sekitar 60 persen.

Dari kantor BPPT Sumut, sidak dilanjutkan ke kantor Dinas Bina Marga di Jalan Sakti Lubis Medan.

Tingkat kehadiran PNS di Dinas Bina Marga pada hari terakhir kerja tersebut tercatat 174 PNS.

Sedangkan yang tidak terdata sebanyak 26 orang.

Usai mengunjungi kantor Dinas Bina Marga, Wagub melanjutkan sidak ke kantor Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sumut yang berada di Jalan Sakti Lubis.

Pada kesempatan itu, Kadis PSDA Sumut Dinsyah, menjelaskan bahwa jumlah dari 124 PNS di kantornya, tercatat hanya 45 PNS yang masih terlihat berkerja di ruangan masing-masing.

Instansi terakhir yang dikunjungi Wagub, yakni Dinas Kesehatan Sumut di Jalan Prof. H.M Yamin SH Medan.

Wagub saat melakukan sidak di kantor itu didampingi Kadis Kesehatan R. Roro SH Surjantini dan beberapa pejabat eselon III.

Saat meninjau beberapa ruangan kerja di kantor tersebut, Erry mengerutkan kening karena sebagian besar meja terlihat kosong tanpa pegawai.

Selain itu, ia juga melihat kondisi sejumlah ruangan yang terkesan kurang tertata dengan baik dan kotor.

“Saya mendengar laporan jumlah kehadiran pegawai 80 persen, tetapi banyak meja yang kosong dan tidak teratur,” katanya.

Seharusnya, lanjut dia,
ruangan di kantor Dinas Kesehatan harus lebih bersih dari dinas lainnya karena lingkup kerja membidangi kesehatan.

Pada kesempatan itu, ia mengingatkan seluruh jajaran SKPD di jajaran Pemprov Sumut untuk senantiasa tulus melayani masyarakat.

“Pelayanan prima merupakan citra positif bagi Pemprov Sumut. Kita tidak boleh curang dalam mengemban amanah. Tidak baik bolos sebelum masa cuti bersama,” tuturnya.

Ia juga mengimbau seluruh PNS untuk hadir di hari pertama masuk kerja pada Rabu (22/7) atau usai berakhirnya masa cuti bersama.

Dikatakannya, kehadiran pada hari pertama merupakan bentuk tanggung jawab atas tugas yang diemban oleh setiap PNS. (LMC-01)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey