Home / Medan / 8 Pelajar Medan Magang ke Kota Ichikawa

8 Pelajar Medan Magang ke Kota Ichikawa

8 pelajar Medan saat dilepas secara resmi untuk magang ke Kota Ichikawa Jepang, dalam acara yang digelar di Medan Club baru-baru ini.(Foto:LintasMedan/ist)

8 pelajar Medan saat dilepas secara resmi untuk magang ke Kota Ichikawa Jepang, dalam acara yang digelar di Medan Club baru-baru ini.(Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 31/7 (LintasMedan) – Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Medan Syaiful Bahri Lubis diwakili Asisten Umum Setda Kota Medan Ikhwan Habibi Daulay melepas keberangkatan delapan pelajar asal Kota Medan untuk magang ke Kota Ichikawa, Jepang mulai 30 Juli sampai 8 Agustus 2015.

Mereka yang masuk dalam program petukaran pelajar (student exchange) ini dilepas dalam acara yang berlangsung di Medan Club, baru-baru ini.

“Program ini selain untuk membina hubungan baik antara Indonesia dengan Jepang, khususnya antara Kota Medan dengan Kota Ichikawa, juga memiliki nilai yang efektif untuk bertukar wawasan, ilmu pengetahuan sekaligus mengembangkan dialog dan kesepahaman antar pelajar dari berbagai negara secara global,” kata Ikhwan Habibi.

Menurutnya program student exchange tidak hanya sebatas menjalin silaturahim atau pertemanan pelajar antar negara. “Lebih dari itu, pertukaran pelajar semacam ini diharapkan dapat berkontribusi bagi perdamaian, kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dunia, termasuk hubungan bilarteral antar negara,” katanya.

Dia berpesan agar para pelajar yang menjadi duta Kota Medan hendaknya berpegang dengan pepatah yang mengatakan dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung saat berada di Kota Ichikawa nantinya.

“Artinya, kemana pun kalian pergi, hendaknya mengetahui norma – norma yang berlaku di daerah atau negara tersebut. Kita tentunya tidak menginginkan ada kesan negatif yang timbul karena ketidakpahaman terhadap norma – norma masyarakat terutama, di Kota Ichikawa nantinya,” ungkapnya.

Kepala Bagian Badan Hubungan Kerjasama Daerah (Hakda) Setdakot Medan, Rivai Nasution dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini adalah kesepakatan bersama antara Pemko Medan dengan Kota Ichikawa dalam merealisasikan program kota bersaudara atau sister city, khususnya program peretukaran pelajar Tahun 2015.

Dijelaskan Rivai, kedelapan pelajar yang mengikuti program pertukaran pelajar ini merupakan pelajar dari tingkat SMA/Aliyah di sejumlah sekolah di Kota Medan.

Kedelapan pelajar tersebut berasal dari SMA Negeri 1 sebanyak 3 orang siswa, kemudian SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, SMA Sutomo, SMA Syafiatul serta SMA Harapan yang masing – masing 1 orang siswa ,” paparnya.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey