Home / Sports / Pencak Silat Sumut Incar Juara Umum Porwil Sumatera

Pencak Silat Sumut Incar Juara Umum Porwil Sumatera

Kontingen pencak silat Sumut

Medan, 11/11 (LintasMedan) – Pengprov Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Sumut selain mengincar juara umum pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera di Bangka Belitung, 13-21 November mendatang juga bertekad meloloskan atlet sebanyak-banyaknya ke PON 2016.

“Mudah mudahan bisa juara umum, tapi yang penting lolos sebanyak banyaknya,” ungkap Ketua IPSI Sumut Hj Dahliana kepada wartawan saat bertolak ke Babel via Bandara Kuala Namu, Rabu pagi.

Untuk lolos ke PON, minimal pesilat harus meraih medali perunggu atau peringkat ketiga di Porwil. “Tidak ada juara bersama untuk peringkat ketiga. Jadi semifinalis yang kalah di play off kan lagi untuk mendapat jatah PON,” tegasnya.

Menurut Dahliana, keinginan untuk jadi juara umum juga cukup wajar, karena pada Porwil di Batam, 4 tahun silam, Sumut berada di posisi kedua dengan 5 medali emas. “Tentunya kami ingin prestasi anak-anak lebih baik lagi,” ungkapnya

Tim silat Sumut menjadi salah satu tim terbesar dalam Porwil ini dengan menurunkan 27 pesilat putra dan putri. Mereka didampingi lima pelatih dan ofisial yakni Bambang Wido Wasono, Jumono Tarigan, Sutrisno, Ibnu dan Wayan Suwita.

Meski target juara umum, namun Dahliana enggan bersikap berlebihan. Soalnya, kekuatan pesilat Sumatera relatif berimbang.
Yang penting anak-anak bisa tampil lepas dan berjuang maksimal. “Mereka sudah persiapan sejak Januari, kemudian TC penuh akhir Agustus. Tinggal mental saja saat bertanding Kami Pengprov sudah menyiapkan semaksimal mungkin,” tuturnya. (LMC/rel)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey