Home / Sports / Taklukkan Riau Sepakbola Sumut Melaju ke Final

Taklukkan Riau Sepakbola Sumut Melaju ke Final

Sungailiat, 19/11 (LintasMedan) – Tim sepak bola Sumatera Utara memastikan lolos ke PON 2016 sekaligus melaju ke final Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera 2015. Itu dipastikan setelah Sumut mengalahkan Riau dengan skor 2-1 pada pertandingan penyisihan grup terakhir di Stadion Orom, Sungailiat, Kamis.

Hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke final, Sumut tetap ngotot untuk menang. Mereka memainkan pemain inti sejak awal pertandingan. Riau yang wajib menang untuk lolos juga bermain all out. Pertandingan pun berjalan sengit.

Sumut membuka keunggulan ketika pertandingan baru berjalan 14 menit. Umpan Yusrizal Muzzaki diselesikan Indra Kelana Nasution melalui tendangan keras. Bola meluncur deras ke gawang Riau.

Unggul satu gol, permainan Sumut semakin meningkat. Mereka terus menekan pertahanan Riau. Riau juga tidak tinggal diam, dengan memberikan perlawanan sengit. Namun kokohnya lini pertahanan Sumut yang dikomandoi Dimas Sumantri membuat serangan Riau selalu kandas.

Indra Kelana Nasution menjadi pahlawan Sumut pada pertandingan ini. Mantan pemain binaan Medan Soccer dan PS Deli Putra tersebut kembali membobol gawang Riau pada menit ke-44. Bola yang dilepaskan Yusrizal Muzzaki dari sepak pojok disundul Indra dan menembus gawang Riau. Sumut unggul 2-0 hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Sumut mulai mengendurkan permainan. Hal ini dimanfaatkan Riau untuk memperkecil ketinggalan. Pada menit ke-70, Yoga Kusnanda melakukan pelanggaran di kotak penalti. Wasit pun memberikan hadiah penalti bagi Riau. M Firdaus yang bertindak sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya. Skor berubah menjadi 2-1.

Selepas kebobolaan tersebut, Sumut melakukan rotasi. Rizki Ramadhan digantikan Abdi Dharma, Ehas Adhasi digantikan Khairul Siregar dan Indra Kelana diganti dengan Raja Duni. Meski demikian, Riau tidak mampu menyamakn kedudukan. Sumut menang dengan skor 2-1.

Kemenangan ini membuat Sumut memastikan diri menjadi juara Grup A dengan 12 angka dari 14 pertandingan. Hasil ini membuat Sumut lolos ke PON 2016 mendatang sekaligus lolos ke final Porwil Sumatera 2015. Di partai puncak, Sumut akan menantang juara Grup B, Sumatera Selatan di Stadion Depati Amir, Pangkalpinang, Sabtu (21/11) sore.

Pelatih Sumut, Syahrial Effendi mengatakan, para pemannya memang tetap ngotot untuk meraih kemenangan dari Riau. “Bukan karena kita ingin menolong Aceh, tapi para pemain memang memiliki motivasi tinggi untuk menang. Kita tidak mau motivasi para pemain tersebut dirusak dengan cara-cara seperti itu,” ungkapnya.

Menghadapi Sumsel di final, Syahrial mengku optimis. Meskipun lawan memiliki waktu istirahat lebih banyak, mereka tetap optimis. “Target pertama kita lolos ke PON sudah tercapai. Sekarang kita membidik emas Porwil Sumatera. Menghadapi Sumsel, kita optimis menang,” tegasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut, Baharuddin Siagian yang hadir menyaksikaan pertandingan memuji semangat para pemain Sumut. “Kita memberikan apresiasi kepada pemain sepaak bola ini. Dengan semangat tinggi, saya optimis kita mampu meraih emas Porwil Sumatera ini,” sebutnya.

Sedangkan, Ketua Kontingen Sumut, John Ismadi Lubis mengaku gembira dengan keberhasilan tim sepak bola Sumut. “Tim ini sudah resmi menjadi tim PON Sumut. Semoga kita bisa meraih medali emas di Porwil Sumatera ini,” sebut John. (LMC/rel)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey