Home / Nasional / Anggota Banser Jaga Gereja Saat Natal

Anggota Banser Jaga Gereja Saat Natal

Ilustrasi - Barisan Ansor Serbaguna (Banser). (Foto: LintasMedan/ist)

Ilustrasi – Barisan Ansor Serbaguna (Banser). (Foto: LintasMedan/ist)

Jawa Timur, 24/12 (LintasMedan) – Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kota Batu, Jawa Timur mengerahkan seratusan anggotanya untuk mendukung pengamanan gereja di wilayah tersebut menjelang perayaan Natal 25 Desember 2015 dan Tahun Baru 2016.

“Kami sudah koordinasi dengan kepolisian, dan pemerintah daerah. Langkah ini menindaklanjuti instruksi pengurus Banser pusat,” kata Komandan Banser Kota Batu Mochamad Suwito kepada pers, di Batu, Kamis.

Disebutkannya, sebanyak 180 anggota Banser Nahdlatul Ulama Kota Batu dilibatkan dalam pengamanan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.

Mereka ikut mengamankan 28 gereja di Kota Batu.

Ratusan personel Banser itu akan membantu kepolisian mengamankan tempat keramaian dan simpul kemacetan.

“Ini bukan kali pertama Banser dilibatkan dalam pengamanan, melainkan sudah enam tahun terakhir.

Komandan Banser Kota Batu Mochamad Suwito mengatakan, empat hingga sembilan personel Banser akan membantu pengamanan di setiap gereja,” kata Mochamad Suwito.

Khusus Gereja Gembala Baik dan Carmel, di Kelurahan Sisir, Kota Batu, akan diamankan sembilan personel.

Ia menambahkan, keikutsertaan personel Banser dalam pengamanan perayaan Natal sebagai bentuk toleransi antarumat beragama.

Selama ini, menurut dia, belum ada ditemukan adanya ancaman teror dan bahaya terhadap umat kristiani yang merayakan Natal.

Pengamanan berlangsung mulai Kamis 24 Desember hingga 25 Desember.

“Tidak ada persiapan khusus selama pengamanan Natal. Setiap personel juga tidak dibekali persenjataan lengkap. Sebab, hadirnya Banser untuk membantu aparat kepolisian,” ujarnya. (LMC/MTV)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top