Home / Sports / Sekda Bantah Anggaran KONI Sumut ‘Hilang’

Sekda Bantah Anggaran KONI Sumut ‘Hilang’

Hasban Ritonga (Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 2/12 (LintasMedan) – Sekretaris Daerah (Sekda) Hasban Ritonga menegaskan pihaknya telah mengalokasikan anggaran Rp15 Miliar untuk KONI Sumut di R-APBD 2016.

“Jadi anggaran untuk KONI Sumut itu ada, dan tidak benar hilang. Jumlahnya Rp15 Miliar untuk 2016,” katanya menjawab wartawan, usai sidang paripurna dengan agenda pengesahan KUA-PPAS, Rabu di DPRD Sumut.

Hasban mengatakan anggaran tersebut masuk dalam pos dana hibah dan sebagiannya tertera di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut.

Meski demikian, Hasban mengakui anggaran senilai Rp15 Miliar tersebut masih sangat minim, mengingat KONI Sumut akan mengirimkan ratusan atlet mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) di Bandung Jawa Barat, September 2016.

Pihaknya berjanji akan mengakomodir tambahan anggaran yang dibutuhkan, guna mengangkat marwah Sumut di kancah nasional.

“Sisanya masih akan diupayakan, tapi yang pasti dana untuk pembinaan olahraga itu ada,” tegas Hasban.

Sebelumnya KONI Sumut mengusulkan anggaran sebesar Rp45 Miliar tahun 2016, namun setelah mendapat verifikasi dari Dispora Sumut, dana yang disetujui Rp40 Miliar.

Namun belakangan insan olahraga mendapat kabar, anggaran yang tercantum dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) R-APBD hanya Rp8 Miliar.

Kehebohan juga semakin bertambah, saat digelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) KONI Sumut dengan Komisi E DPRD Sumut, Selasa (1/12) sama sekali tidak terlihat anggaran untuk pembinaan olahraga tersebut dalam buku R-APBD 2016 sehingga diduga telah raib.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey