Home / Headline / Gunung Sinabung Semburkan Lava Pijar

Gunung Sinabung Semburkan Lava Pijar

Abu vulkanik menyembur dari kawah Gunung Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumut. (Foto: LintasMedan/ist)

Abu vulkanik menyembur dari kawah Gunung Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumut. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 23/1 (LintasMedan) – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) terus beraktivitas dan hingga kini masih mengeluarkan lava pijar dari kawahnya.

Informasi yang dihimpun dari Pusat Vulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG), Sabtu, menyebutkan, erupsi pada Gunung Sinabung terjadi sekitar pukul 09.38 WIB dan disusul semburan lava pijar pada pukul 14.30 WIB.

Lava pijar terjadi dengan jarak luncur 500 meter mengarah tenggara dan timur‎ gunung yang memiliki ketinggian 2.451 meter dari permukaan laut itu.

Sebelumnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa aktivitas vulkanik Gunung Sinabung di masih tinggi sehingga masih berstatus Awas.

BNPB juga memperkirakan Gunung Sinabung akan terus meletus hingga empat tahun mendatang.

“Diperkirakan Gunung Sinabung masih akan terus meletus empat tahun ke depan, 1.683 KK menunggu relokasi tahap 2,” kata Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, baru-baru ini.

Terkait dengan fenomena alam itu, pertumbuhan kuba lava diperkirakan masih terus terjadi dan tidak tertutup kemungkinan potensi untuk erupsi dan lava pijar akan kembali terjadi.

Oleh sebab itu, BNPB mengimbau warga maupun wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas di sekitar radius lima kilometer dari gunuing berapi tersebut. (LMC-07)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top