Home / Medan / Randiman: Masalah Sampah Tanggung Jawab Bersama

Randiman: Masalah Sampah Tanggung Jawab Bersama

Randiman Tarigan

Randiman Tarigan

Medan, 16/1 (LintasMedan) – Pejabat Wali Kota Medan Randiman Tarigan menegaskan bahwa persoalan sampah harus menjadi tangung jawab bersama, baik pemerintah daerah dan masyarakat.

“Kami minta masyarakat juga harus membantu pemerintah dalam mengatasi sampah yang tiap hari ada,” katanya saat meninjau gotong royong, di Kecamatan Medan Selayang, Sabtu.

Dalam memerangi sampah di ibu kota Provinsi Sumut itu, lanjut dia, Pemerintah Kota Medan mengopersikan sejumlah armada roda empat dan roda tiga yang setiap hari melayani warga, baik yang tinggal di sepanjang jalan protokol maupun gang-gang serta komplek perumahan.

Karena itu, pihaknya kembali mengimbau masyarakat, termasuk yang tinggal di bantaran sungai agar jangan membuang sampah sembarangan, sebab bisa menimbul pencemaran, banjir maupun kehidupan yang tidak sehat.

Dikatakannya, drainase tersumbat bisa berakibat banjir jika hujan serta sampah kemungkinan berserakan dan mengakibatkan bau yang tidak sedap dan merugikan kesehatan

“Mari kita saling bahu membahu manata kota kita ini. Kepada camat dan lurah agar dapat membangun kebersamaan masyarakt mengjaga kebersihan lingkungan dengan cara bergotong royong,” ucap dia.

Kegiatan gotong royong, katanya, sebaiknya dilaksanakan minimal satu minggu sekali dengan menggalang potensi masyarakat.

“Äjak masyarakat untuk merawat darainase yang sudah dikorek dan dibersihkan,” tuturnya.

Dalam meninjau gotong royong di Jalan Bunga Cempaka, Kelurahan Padang Bulan Selayang II, Randiman melihat kondisi saluran drainase dan gorong-gorong yang dangkal dan tersumbat.

“Kalau hujan deras, kawasan ini selalu digenangi air, karena saluran drainase dan gorong-gorongnya, tidak seimbang dengan debit air yang mengalir,” ujarnya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top