Home / Medan / RS Siloam Diharap Utamakan Misi Sosial

RS Siloam Diharap Utamakan Misi Sosial

Rumah Sakit Siloam Medan. (Foto: LintasMedan/ist)

Rumah Sakit Siloam Medan. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 19/1 (LintasMedan) – Ketua DPRD Kota Medan Henry Jhon Hutagalung berharap Rumah Sakit (RS) Siloam yang tergolong baru beroperasi di Medan tidak akan berorientasi pada profit semata, namun lebih mengutamakan misi sosial.

“Kami berharap Rumah Sakit Siloam lebih berorientasi pada aspek sosial,” katanya saat menerima audiensi pimpinan pengelola RS Siloam, di Medan, Selasa.

Menurut dia, selama ini masih banyak keluhan masyarakat mengenai pelayanan yang diberikan rumah sakit, termasuk pelayanan bagi masyarakat miskin.

Padahal, lanjutnya, keberadaan rumah sakit seyogyanya bisa memberikan warna dengan berkompetisi memberikan pelayanan yang baik, tanpa harus mengabaikan fungsi sosial.

Dia mengingatkan, setiap orang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan, di tempat pelayanan kesehatan yang standar, dan dilayani oleh tenaga kesehatan yang kompeten.

Oleh karena itu, kata Henry, sudah semestinya rumah sakit swasta termasuk rumah sakit internasional ikut memfasilitasi warga tidak mampu, sebagai bagian dari fungsi sosial.

“Rumah Sakit Siloam Medan harus lebih sosial seperti arti dari Siloam itu sendiri, yakni kolam penyembuhan,” tuturnya.

Menanggapi harapan Ketua DPRD Kota Medan tersebut, Direktur Utama RS Siloam, Juniar Situmorang, mengakui pelayanan kesehatan masyarakat merupakan salah satu yang utama untuk diperhatikan.

“Kami juga berkomitmen mendukung program pemerintah melalui pemberian pelayanan kesehatan yang berkualitas dan berdaya saing,” ujarnya.

Terkait dengan komitmen itu, menurut dia, rumah sakit internasional tersebut kini sedang mempersiapkan diri untuk dapat melayani pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan,
baik dalam pelayanan maupun fasilitas.

Namun, katanya, RS Siloam Medan belum berintegrasi dengan BPJS Kesehatan meski mereka sudah mengajukan permohonan.

Ia menambahkan, pihaknya saat ini telah menjalin kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, sehingga jika ada kecelakaan kerja korban yang dirawat di RS Siloam tidak akan dipungut biaya jika menggunakan BPJS Ketenagakerjaan.

“Ketentuan ini berlaku pada semua perusahaan di Sumut dan Riau yang terintergrasi dengan BPJS Ketenagakerjaan,” paparnya.

RS Siloam juga menyediakan Rapid Ambulance yang dapat diakses lewat nomor telepon 1500911.

Di setiap mobil ambulans tersebut disiagakan dokter dan perawat, sehingga korban kecelakaan kerja dapat langsung ditangani. (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top