Home / Headline / Wah, Upah Rendah Jadi Kekuatan Sumut di MEA

Wah, Upah Rendah Jadi Kekuatan Sumut di MEA

Ilustrasi - Demo Buruh

Ilustrasi – Demo Buruh

Medan, 19/1 (LintasMedan) – Upah tenaga kerja di Sumut yang terbilang rendah dibanding daerah lain di Indonesia justru menjadi sumber kekuatan bagi kesiapan provinsi ini menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

Hal itu terlihat dari kesimpulan dan rekomendasi berdasarkan hasil kajian dan pembahasan panitia khusus (Pansus) DPRD Sumut menghadapi MEA 2015, yang dibacakan oleh ketua Pansus Ikrimah Hamidi pada sidang paripurna di lembaga legislatif itu, Selasa.

Menurutnya kesimpulan itu berdasarkan hasil kajian dan pembahasan pansus melalui rapat dengar pendapat (RDP) serta pendalaman dengan sejumlah staf ahli.

“Upah tenaga kerja masih rendah di Sumut merupakan sumber kekuatan,” katanya pada paripurna yang dihadiri Sekda Prov Sumut Hasban Ritonga.

Dalam laporan Pansus juga terlihat pada poin C yakni kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang Sumber Daya Manusia (SDM) di Sumut, menjadikan upah murah sebagai sumber kekuatan.

Selain upah rendah kekuatan Sumut di bidang SDM adalah jumlah penduduk yang terbesar di luar pulau Jawa.

Juga jumlah angkatan kerja yang mencapai 6.59 juta, serta rata-rata sekolah selama sembilan tahun.

Selain itu rata-rata orang Sumut adalah pekerja keras.

Sedangkan kelemahan Sumut di bidang SDM yakni tingkat pendidikan tenaga kerja yang masih rendah, serta kemampuan berbahasa asing dan pengalaman kerja yang minim.

Pansus DPRD Sumut juga merekiomendasikan tenaga kerja di Sumut agar mendapat dukungan dan perlindungan pemerintah dalam rangka persaingan global dan ASEAN melalui pembenahan regulasi ketenagakerjaan, pelatihan dan dampingan dana dari APBD.(LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top