Home / Kesehatan / Cara Efektif agar tak mudah Pingsan

Cara Efektif agar tak mudah Pingsan

Ilustrasi - Pingsan. (Foto: LintasMedan/ist)

Ilustrasi – Pingsan. (Foto: LintasMedan/ist)

Jakarta, 6/2 (LintasMedan) – Pingsan merupakan suatu keadaan di mana seseorang tidak sadarkan diri. Penyebabnya karena berkurangnya suplai darah ke otak.

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang pingsan, di antaranya sakit, kecelakaan, kekurangan oksigen, keracunan, terkejut, lapar atau haus, kondisi fisik lemah dan sebagainya.

Secara umum gejala yang timbul pada orang sebelum pingsan berupa kulit pucat, dingin, berkeringat, mata berkunang-kunang dan pusing. Ketika pingsan wajah orang tersebut pucat, ia membutuhkan oksigen dan tempat teduh yang terlindung dari sinar matahari.

Oleh karena itu, orang pingsan membutuhkan bantuan orang lain yang sadar untuk membuatnya segera pulih.

Jika ada saudara maupun teman yang mengalami pingsan secara mendadak, maka tak perlu panik, segeralah ditolong.

Penelitian baru menunjukkan bahwa Anda dapat mencegah pingsan dengan segera mengendus atau terengah-engah tanda mulai merasa pusing.

Salah satu penyebab paling umum dari pingsan adalah sinkop vasovagal, yang merupakan penurunan mendadak tekanan darah atau denyut jantung.

Hal ini bisa terjadi jika Anda berdiri untuk waktu yang cukup lama atau Anda bangun terlalu cepat.

Paksakan diri untuk mengendus atau terengah-engah dua kali sambil menjaga mulut Anda tertutup dapat menghentikan sinkop jalurnya, kata peneliti dari Republik Slovakia yang telah menguji teori ini pada dua wanita dengan riwayat pingsan berulang.

Apakah trik ini mempan? Sulit untuk mengatakan, karena dua responden merupakan studi sangat kecil.

Menggunakan sebuah meja dengan dua wanita tersebut diminta untuk berbaring dan bergerak cepat dengan posisi bangun 60 derajat.

“Temuan ini perlu direplikasi dalam pengaturan kehidupan nyata,” kata Hugh Calkins, MD, profesor kedokteran dan spesialis sinkop di Johns Hopkins.

Namun, Calkins beranggapan tak ada salahnya mencoba hal tersebut.

Mengepalkan tangan dan menyilangkan kaki yang terbukti dirancang untuk menghentikan penurunan mendadak tekanan darah supaya tidak pingsan. (LMC/MTV)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top