Home / Medan / Erry : Jangan Kucilkan Eks Gafatar

Erry : Jangan Kucilkan Eks Gafatar

Warga eks Gafatar asal Sumatera Utara saat disambut di Bandara Kuala Namu Medan, Rabu, 30/3 (Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 30/3 (LintasMedan) – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi berharap kepada masyarakat untuk tetap menerima warga eks Gafatar yang kembali ke Sumut.

“Jangan kucilkan mereka, sebab warga eks Gafatar ini merupakan warga Sumut,” kata Erry saat menyambut kepulangan eks Gafatar di Bandara Kualanamu, Deliserdang, Rabu.

Setelah dua bulan hidup dalam penampungan di Solo Jawa Tengah, 303 eks Gafatar dipulangkan dengan menumpang tiga penerbangan.

“Hari ini warga Sumut yang merantau sudah cukup lama dan dua bulan di penampungan kita pulangkan, dan kita harapkan mereka akan cepat dapat kembali kepada keluarganya masing-masing serta bisa berinteraksi dengan lingkungannya sebagaimana dulu,” kata Erry.

Erry juga mengharapkan agar anggota eks Gafatar bisa kembali ke masyarakat, kembali bertani, menjadi guru ataupun di bidang lain.

Sedangkan untuk pembinaan perekonomian mereka setelah tiba di kampung halamannya Gubernur mengintruksikan agar Dinas dan kabupaten/kota dapat membantu.

“Kita harapkan Dinsos dan kabupaten/kota dapat membantu perekonomian mereka,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Kesbangpolinmas Sumut, Zulkifli Taufik mengatakan Pemprov Sumut telah memenuhi tanggung jawabnya untuk menjemput eks anggota Gafatar Sumut yang awalnya sebanyak 302 orang.

Namun di tempat penampungan sementara di Jawa Tengah lahir seorang bayi sehingga menjadi 303 orang.

“Sesampainya di sini mereka akan kita berikan pembekalan yang tujuannya nanti mereka dapat diterima dan bisa beradaptasi diri. Jadi pembekalan yang akan diberikan nanti tujuannya untuk membantu mereka dalam beradaptasi lagi di tengah masyarakat,”kata Zulkifli.(LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top