Home / Medan / Legislator Medan Kritik Menpan Soal Pensiun PNS

Legislator Medan Kritik Menpan Soal Pensiun PNS

Ilustrasi

Medan, 8/3 (LintasMedan) – Kalangan Legislator di DPRD Medan mengkritik wacana pemberhentian (pensiun) dini para Pegawai Negeri Sipil (PNS) oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yoedi Krisnandi.

Pensiun dini PNS tersebur, diyakini bakal menyakiti banayk pihak dan akan membawa masalah baru yakni peningkatan pengangguran di negeri Indonesia.

“Wacana Mentri memberhentikan 1,37 juta PNS se-Indonesia baik muda maupun mendekati pensiun di tahun 2016-2019, akan membawa masalah khususnya di Kota Medan,” kata anggota DPRD Medan, Mulia Asri Rambe, Selasa.

Politisi Golkar ini menilai pemerintah tidak perlu harus memberhentikan para PNS karena akan lebih baik jika dilakukan penyebaran aparat pemerintah itu secara merata.

Sebab, kata dia selama ini, banyak PNS yang enggan ditugaskan di daerah terpencil atau pinggiran kota, karena jauh dari fasilitas.

“Kemudian buat pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan SDM para PNS. Jika setelah mendapat ilmu pengetahuan mereka enggan untuk mengaplikasikannya ke daerah-daerah pinggiran, baru sanksi tegas diberikan,” katanya.

Dia mencontohkan, ada salah satu sekolah di kawasan Medan Utara yang tenaga pendidiknya 85 persen honorer.

“Bagaimana keberlangsungan PNS yang masih produktif tapi sudah pensiun dini. Mereka sudah sejak awal merencanakan tatanan kehidupan. Kalau sempat namanya masuk dalam daftar yang bakal di pensiunkan, mungkin masa depan anak-anaknya akan terancam,” tegasnya.(LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top