Home / Nasional / Didemo HMI, Saut Situmorang Mengaku Khilaf

Didemo HMI, Saut Situmorang Mengaku Khilaf

Satu Situmorang (Foto:LIntasMedan/Detik)

Saut Situmorang (Foto:LIntasMedan/Detik)

, Jakarta, 9/5 (LintasMedan) – Unjuk rasa anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke gedung Komisi Pemberantasan Korupsi di Jalan H Rasuna Said, Senin berujung rusuh mengakibatkan dua polisi terluka.

Mereka menghujat pernyataan pimpinan KPK Saut Situmorang.

Menyikapi aksi demo berakhirr anarkis itu Wakil Ketua KPK Saut Situmorang meminta maaf atas pernyataannya yang telah menyakiti kader HMI.

“Pernyataan saya keluar dari alam bawah sadar saya,” ungkap mantan personel Badan Intelijen Negara (BIN) itu saat memberi keterangan pers di gedung KPK.

Pernyataan Saut yang menyulut kemarahan kader HMI terlontar saat acara Talk Show bertajuk “Harga Sebuah Perkara”, di TV One, pada Kamis malam (5/5).

Saut minta maaf karena di acara itu menyebut banyak kader HMI jadi koruptor saat menjadi pejabat negara.

“Saya selaku pribadi tidak bermaksud menyinggung HMI maupun lembaga lain sehingga menimbulkan kesalahpahaman ataupun kesalahan persepsi. Untuk itu saya mohon maaf atas pernyataan saya tersebut,” kata Saut.

Ia tekankan lagi, pernyataannya di acara talkshow tersebut bukan untuk menyinggung HMI yang telah berdiri selama 69 tahun.

“Saya menyebutkan sistem, saya imbau sistem dibentuk agar orang-orang baik ini tidak salah ambil kebijakan, karena enggak gampang masuk LK 1 atau jadi pimpinan di HMI,” kata Saut.

Karena telah terjadi kesalahpahaman, Saut berencana segera melakukan pertemuan dengan pimpinan HMI.

Terkait langkah Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Muhammad Fauzi melaporkan dirinya ke Bareskrim Polri, Saut berharap hal tersebut tidak terjadi.

Sementara Kepala Bidang Hukum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono mengatakan dua orang personel polisi terluka saat mengamankan aksi demo tersebut.

“Anggota dua orang terkena lemparan batu,” katanya.

Awi menyebutkan kedua anggota itu merupakan personel dari Brimob dan Sabhara Polda Metro Jaya. Ia menambahkan massa HMI yang berdemo di Gedung KPK tak hanya berorasi. Mereka melakukan aksi vandalisme dengan mencorat-coret gerbang dan logo KPK, sampai melempari bangunan.(LMC)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top