Home / Sports / Dispora Sumut Motivasi Kabupaten/Kota Sediakan Sarana Olahraga

Dispora Sumut Motivasi Kabupaten/Kota Sediakan Sarana Olahraga

Bimbingan Teknis (Bimtek) sarana prasarana pemuda dan olahraga Disporasu tahun 2016, di Medan, Rabu (18/5) malam. (Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 19/8 (LintasMedan) – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara mendorong seluruh kabupaten/kota untuk menyediakan sarana prasarana olahraga berstandar nasional.

Hal itu untuk peningkatan prestasi olahraga serta Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Atas nama Provinsi Sumut saya mengajak seluruh kepala daerah melalui dinas kepemudaaan dan olahraga untuk segera membangun sarana prasarana olahraga berstandar nasional. Ini adalah upaya kita bersama untuk mendorong pembinaan cabor di daerah berjalan dengan baik. Karena tanpa sarana yang standar, sulit akan tercapai prestasi,” ucap Kadispora Sumut Baharuddin Siagian usai membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) sarana prasarana pemuda dan olahraga Disporasu tahun 2016, di Medan, Rabu malam.

Dikatakan Baharuddin dari segi pembinaan tentu tugas dan tanggung jawab Dispora dalam melakukan pembinaan bagi pemuda dan olahraga tentu sangat berat.

Apalagi berdirinya Dispora bukan atas dasar Peraturan gubernur, Pemerintah, ataupun walikota/bupati, melainkan berdasarkan undang – undang kepemudaan dan keolahragaan.

“Di kepemudaan UU No 40 tahun 2009, sedangkan keolahragaan UU No 3 tahun 2005 tugas kita sangat jelas dan terurai. Jadi, kita jangan beranggapan seolah- olah Dispora termarginalkan,” katanya.

Menurutnya, Dispora sangat penting karena konsepnya tidak hanya kepemudaan dan olahraga saja, melainkan ada unsur pendidikan di dalamnya.

“Bagaimana kita membina dan membentuk karakter pemuda agar menjauhkan diri dari prilaku negatif, pintar, cerdas dan jujur. Apalagi kekuatan kita ada di tiga undang – undang. Wajib bagi pemerintah daerah, provinsi dan nasional untuk menganggarkan 20 persen APBN/APBD disalurkan untuk fungsi pendidikan, termasuk olahraga,” paparnya.

Mengingat selama ini peranan dispora sangat vital di dalam program pemerintah, maka sudah seharusnya olahraga di Indonesia terus digelorakan gaungnya bahkan sampai ke pelosok daerah.

Dia menambahkan sarana dan prasarana yang dibangun di kabupaten/kota, 50 persen mestinya untuk fungsi sosial. (LMC/rel)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top