Home / Medan / DPRD Minta Pemko Medan Buat Perda Lelang Aset

DPRD Minta Pemko Medan Buat Perda Lelang Aset

Sabar Syam Surya (Foto: LintasMedan/irma)

Medan, 31/5 (LintasMedan) – Anggota DPRD Kota Medan, Sabar Syamsurya Sitepu meminta Pemko segera membuat Peraturan Daerah terkait pelelangan aset pemerintah kota setempat.

Usulan ini disampaikan Sabar sekaitan dengan banyaknya aset bergerak Pemko Medan yang dari hari kehari mengalami penyusutan serta menjadi beban pembiayaan APBD.

“Kita mengamati ini, terutama aset-aset Pemko yang bergerak, seperti kendaraan yang sudah lama yang sepertinya menjadi beban APBD. Untuk itu kita meminta Pemko untuk membuat aturan yang jelas,” terang Sabar kepada wartawan di Medan, Selasa.

Sabar menjelaskan, kendaraan dinas Pemko Medan yang sudah lama seperti mobil dan sepeda motor patut menjadi perhatian. “Aset bergerak ini misalnya, selain biaya pemeliharaannya yang pasti mahal kemudian pajaknya dari tahun ketahun terus menjadi beban, sebaiknya dilelang saja,” jelasnya.

Sabar mengungkapkan, dengan ada usulan Perda Pelelangan ini, Pemko Medan nantinya memiliki payung hukum.

“Di Perda tersebut nantinya mengatur seluruh ketentuan pelelangan seperti lama kendaraan yang pantas dilelang dam sebagainya,” ucapnya.

Jika mengamati kondisi sekarang ini, banyak aset Pemko Medan seperti Mobil dan sepeda motor menjadi tampaknya sangat membebani anggaran APBD.

“Berangkat dari sini kita mengajukan itu, ” ucapnya.

Sabar menyarankan Pemko Medan untuk melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kantor Pelelangan Negara agar segera melelang aset aset yang berpotensi membebani APBD.

“Kita juga menyarankan agar Pemko Medan segera melakukan MoU dengan Kantor Pelelangan negara agar aset aset yang menjadi beban ini dilelang saja,” paparnya.

Sementara itu, Bagian Hukum Pemko Medan Doni mengatakan usulan terkait perda lelang itu sah-sah saja di ajukan.

“Saya kira sah-sah saja diajukan, selama tidak ada masalah,” ujarnya.(LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top