Home / Kesehatan / Jangan Minum Air Lemon Hangat, Ini Bahayanya

Jangan Minum Air Lemon Hangat, Ini Bahayanya

Minum jeruk lemon.(Foto:LintasMedan/Irma)

Minuman jeruk lemon.(Foto:LintasMedan/Irma)

Jakarta, 9/5 (LintasMedan) – Minuman yang dicampur dengan irisann atau perasan jeruk lemon banyak digemari belakangan ini, yang tentunya dengan tujuan untuk kesehatan tubuh.

Jeruk lemon dipercaya membantu melakukan detoks tubuh serta menurunkan berat badan.

Namun, para dokter gigi memberi peringatan akan risiko kesehatan terhadap kebiasaan mengonsumsi air bercampur jeruk lemon.

“Minuman yang terlalu asam dapat mengikis enamel gigi dan menyebabkan gigi berbintik-bintik serta berubah warna,” kata Penasihat ilmiah dari British Dental Association, Profesor Damien Walmsley.

Dia mengungkapkan sejumlah studi menunjukkan semakin asam minuman maka enamel gigi semakin mudah terkikis. Ia pun memperingatkan jus lemon apalagi dikombinasikan dengan air panas atau hangat bisa merusak gigi.

“Jus lemon mengandung pH antara 2-3 yang merupakan sangat asam. Suhu air yang panas dapat memperburuk kondisi ini, ” katanya.

Hal serupa pun diungkapkan Kepala British Dental Health Foundation, Nigel Carter. Lemon memang merupakan sumber Vitamin C yang baik tapi karena asam dan rutin diminum, menyebabkan erosi gigi. Jika ini terjadi gigi tak lagi bersinar tapi berwarna gelap.

Akibat pengikisan lapisan pada email gigi, menyebabkan gigi lebih mudah rusak atau berlubang.

Bagi anda yang tetap ingin mendapatkan manfaat air lemon secara maksimal, sebaiknya melakukan hal-hal sebagai berikut:

Minum air lemon sebagai bagian dari makanan, dengan tujuan untuk membantu merangsang produksi air liur, sehingga asam berbahaya dari lemon dapat dinetralisir.

Hindari meminum air lemon dalam keadaan hangat atau panas, dan minumlah air lemon dengan menggunakan sedotan. Hal ini bertujuan agar dapat membantu mendorong cairan pada gigi untuk keluar.

Meminum air lemon sebaiknya sebelum menggosok gigi, sehingga asam tidak merusak email gigi secara langsung. Dan waktu terbaik untuk menyikat gigi adalah sekitar 30 sampai 60 menit.(LMC/int)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top