Home / Nasional / Ketua MPR : Ucapan Saut Pembelajaran Bagi Pemimpin

Ketua MPR : Ucapan Saut Pembelajaran Bagi Pemimpin

Demo massa HMI di Gedung KPK, Senin (9/5).(Foto:LintasMedan/Kompas)

Demo massa HMI di Gedung KPK, Senin (9/5).(Foto:LintasMedan/Kompas)

Semarang, 9/5 (LintasMedan) – Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan peristiwa demo Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) berujung ricuh di gedung Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) harus jadi pembelajaran bagi para pemimpin untuk berhati-hati dalam berbicara.

“Peristiwa ini bisa menjadi pembelajaran agar para pemimpin lebih berhati-hati saat berucap,” kata Zulkifli saat berkunjung ke Lawang Sewu Semarang, Senin.

Menurut dia memang tidak mudah memadamkan ‘api’ yang sudah tersulut. “Jadi hati-hatilah, meskipun bagi saya kalau sudah minta maaf ya sudah,” ucapnya.

Pernyataan Zulkifli tersebut menanggapi demo ricuh di depan gedung KPK akibat pernyataan Pimpinan KPK Saut Situmorang di salah satu Stasiun Televisi swasta baru-baru ini.

Dalam acara dialog itu Saut menyatakan banyak kader HMI justru koruptor setelah menjadi pejabat.

Pernyataan Wakil Ketua KPK itu menyulut emosi massa HMI.

Lebih jauh Zulkifli mengatakan bahwa sebagai seorang pemimpin seharusnya bisa berbicara dengan hati-hati sehingga tidak menimbulkan perpecahan.

Dia mengatakan tindakan maupun ucapan pemimpin harus bertujuan mempersatukan dan bukannya menyebar kebencian.

“Pemimpin itu yang Pancasilais. Apapun ucapannya apapun tindakannya, tujuannya harus mempersatukan, menyebar kebaikan, jangan menyebar kebencian, membuat perpecahan. Kebencian akan dibalas kebencian, kemarahan akan dibalas kemarahan,” kata Zulkifli.

Sementara itu Saut sudah melakukan permintaan maaf lewat media atas ucapannya tanggal 5 Mei lalu dan berencana bertemu pihak HMI. Sedangkan Ketua Umum PB HMI Muhammad Fauzi sudah melaporkan Saut ke Bareskrim Polri dengan dugaan pencemaran nama baik.(LMC/Dtc)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top