Home / Medan / Pansus Limbah Rumah Tangga Minta Tirtanadi Siapkan Instalasi

Pansus Limbah Rumah Tangga Minta Tirtanadi Siapkan Instalasi

Ilustrasi

Medan, 11/5 (LintasMedan) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan yang tergabung dalam Panitia Khusus (Pansus) tentang Pengelolaan Limbah Rumah Tangga meminta PDAM Tirtanadi menyiapkan instalasi sebagai fasilitas pendukung pengelolaan limbah.

“Tirtanadi jangan hanya berorientasi bisnis semata, tapi tidak membantu menyiapkan instalasi,” kata anggota Pansus, HT Bahrumsyah SH, dalam rapat pembahasan Ranperda Pengelolaan Limbah Domestik di Gedung DPRD Medan, Rabu.

Menurut Bahrumsyah, permintaan itu wajar, mengingat Kota Medan merupakan konsumen terbesar bagi PDAM Tirtanadi. “Medan ini lumbung emas bagi Tirtanadi, jadi jangan hanya berfikir untung aja, paling tidak ada fasilitas, seperti menyediakan mobil penyedot tinja, apalagi PAD semuanya ke provinsi,” katanya.

Sejauh ini, sebut Bahrumsyah, Pemko Medan telah banyak menggelontorkan dana cukup besar setiap tahunnya untuk air bersih di wilayah utara Kota Medan, termasuk juga membuat WC terapung.

“Tapi, masyarakat disana lebih senang membuang tinja ke laut. Bahkan, WC terapung yang dibuat dibongkar untuk dijadikan meja,” terangnya.

Atas permintaan itu, perwakilan PDAM Tirtanadi, Lokot Parlindungan, mengatakan saran Pansus akan menjadi catatan dan masukan bagi Tirtanadi. “Terkait orientasi bisnis semata, itu juga tidak betul karena Tirtanadi lebih banyak sosialnya dari pada bisnis,” katanya.

Sedangkan Kepala Dinas Perkim Kota Medan, Ir Gunawan S Lubis, menyampaikan pihaknya (Pemko Medan, red) telah membuang 13.000 sambungan air limbah rumah tangga yang terkoneksi ke limbah skunder di 9 zona.

Setelah menerima berbagai masukan, Pansus yang dipimpin, Drs Wong Chun Sen, masih akan melanjutkan pembahasan bersama pihak-pihak terkait, sehingga nantinya akan menghasilkan suatu kesimpulan yang memadai terhadap Ranperda dimaksud. (LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top