Home / Medan / Pemko Medan Diminta Bantu Pembebasan Lahan Jalan Tol

Pemko Medan Diminta Bantu Pembebasan Lahan Jalan Tol

Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution saat menerima Tim pembebasan tanah pembangunan jalan tol Medan-Binjai, Selasa (3/5).(Foto:LIntasMedan/ist)

Medan, 3/5 (LintasMedan) – Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution menerima kunjungan Tim Pembebasan Lahan untuk Jalan Tol Medan-Binjai dan Medan –Kuala Namu International Airport (KNIA)-Tebing Tinggi di Balai Kota Medan, Selasa.

Kunjungan tersebut untuk meminta bantuan Pemko Medan dalam upaya pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol Medan-Binjai.

“Kita harapkan Pemko Medan dapat membantu pembebasan lahannya,”kata Riadil Akhir Lubis Staf Ahli Gubernur Sumut sekaligus ketua tim pembebasan lahan.

Menurutnya jumlah lahan yang akan dibebaskan melintasi dua kelurahan di Kecamatan Medan Deli yakni Kelurahan Tanjung Mulia dan Tanjung Mulia Hilir sepanjang 2,6 KM.

Sebelumnya, kata dia pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol Medan-Binjai sudah rampung 77 persen lebih, termasuk pembebasan lahan sepanjang 22,8 km di wilayah Deli Serdang. “

“Tinggal pembebasan lahan lebih kurang 2,6 kilometer di Kelurahan Tanjung Mulia dan Tanjung Mulia Hilir. Kedua kelurahan itu masuk trase tol yang melintasi Kota Medan,” paparnya.

Dari 2,6 km lahan yang akan dibebaskan di dua kelurahan tersebut, 2,1 km di antaranya merupakan lahan stanvas yang kini dikuasai masyarakat sebanyak 500 Kepala Keluarga.

“Lahan stanvas itu saat ini terdapat bangunan dan tanaman milik penduduk. Itu sebabnya tim optimis dengan bantuan Pemko Medan, pembebasan lahan dapat dilakukan sehingga pembangunan jalan tol Medan-Binjai bisa selesai sesuai waktu yang ditetapkan,” katanya.

Proyek pembangunan jalan tol Medan-Binjai, kata dia dalam rangka mendukung program Presiden RI, Joko Widodo membangun tol road Trans Sumatera.

Pembangunan tol Medan-Binjai diikuti pembangunan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 135 km dengan investasi Rp.14,7 triliun.

Kemudian pembangunan tol Palembang –Indralaya sepanjang 22 km dengan investasi Rp.1 triliun serta pembangunan tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 150 km dengan invetasi Rp.13,8 triliun.

Wakil Wali Kota didampingi sejumlah pimpinan SKPD terkait, menyambut baik rencana pembangunan jalan tol Medan-Binjai tersebut.

Dikatakannya, Pemko Medan beserta seluruh jajaran siap mendukung, termasuk membantu proses pembebasan lahan di Kelurahan Tanjung Mulia dan Tanjung Mulia Hilir.

“Kami menyambut baik pembangunan jalan tol Medan-Binjai tersebut. Untuk itulah kami siap mensupport secara maksimal sesuai dengan kewenangan kami, sehingga pembangunan jalan ini bisa selesai Juni 2017,” kata Akhyar. (LMC-05)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top