Home / Medan / DPRD Medan Minta Pemko Perhatikan Dinas P2K

DPRD Medan Minta Pemko Perhatikan Dinas P2K

Puing kebakaran bangunan Aksara Plaza yang terbakar belum lama ini.(Foto:LintasMedan/irma)

Medan, 1/6 (LintasMedan) – Sekretaris Komisi D DPRD Medan Paul Mei Anton Simanjuntak mengaku prihatin masih tingginya frekuensi kebakaran di kota Medan yakni 93 kali kasus kebakaran sejak Januari 2016.

Parahnya lagi, penetapan pagu anggaran di Dinas Pencegahan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan selalu dianaktirikan. Terbukti peralatan mobil pemadam kebakaran (sky lift) dan peralatan canggih lainnya tidak dimiliki.

“Bagaimana mungkin pelayanan maksimal jika peralatan tidak dimiliki. Kita prihatin dengan kondisi Dinas P2K kurang perhatian Walikota Medan. Seharusnya, perlengkapan canggih dan Sumber Daya Manusia (SDM) serta sarana dan prasarana bisa menjadi prioritas,” kata Paul Mei, Rabu.

Harusnya kata dia, Dinas yang menjalankan kegiatan sosial untuk kepentingan semua pihak ini segala sesuatunya harus diperhatikan.

Menurut politisi PDI P ini, Walikota Medan harus menambah pagu anggaran melengkapi peralatan canggih di Dinas P2K mengingat kondisi kota Medan yang sangat padat. Sama halnya SDM serta kesejahteraan petugas pemadan harus diperhatikan sehingga mampu menempuh medan yang padat.

Bukan hanya itu, terkait sarana dan prasarana seperti kantor Unit Pelayanan terpadu (UPT) seyogianya harus ada disetiap 21 Kecamatan Kota Medan yang saat ini hanya ada 4 UPT. Tentu kata Paul, keberadaan UPT sangat berpengaruh untuk mempercepat jarak tempuh ke lokasi kejadian kebakaran sehingga pemadaman cepat ditangani.

Begitu juga dengan Pos Pemadaman Kebakaran diharapkan dibentuk disetiap Kelurahan yang tentu dapat melibatkan para relawan. Menurut Paul Mei Simanjuntak, Pos Pemadaman kebakaran sangat penting sebagai petugas pertama menanggulangi jika terjadi kebakaran.

Pihaknya juga menerima laporan masih minimnya tenaga petugas kebakaran di Dinas P2K. Untuk itu, diharapkan agar dapat menambah tenaga petugas di Dinas P2K yang dinilai sangat sosial dan mulia itu.

Sementara itu, anggota Komisi D DPRD Medan Ahmad Arif, Pemko Medan sudah saatnya membuat suatu Perda Kebakaran. Perda itu nantinya akan mengatur dan menjamin tugas tugas dan keselamatan petugas bila terjadi musibah kebakaran.(LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top