Home / Nasional / Pemerintah Umumkan Besok Hari Pertama Puasa Ramadhan

Pemerintah Umumkan Besok Hari Pertama Puasa Ramadhan

Ilustrai (Foto:LintasMedan/ist)

Jakarta, 5/6 (LintasMedan) – Menteri Agama, Lukman Saifudin mengumumkan hari pertama puasa atau 1 Ramadhan 1437 Hijriah jatuh pada esok hari, Senin (6/6/2016).

“Seluruh peserta sidang istbat menyatakan pada malam ini kita sudah masuk ke Ramadhan. Maka kemudian secara mufakat bahwa puasa 1 Ramadhan 1437 Hijriah akan dimulai besok hari Senin,” katanya dalam konferensi pers Sidang Itsbat di kantor Kementerian Agama, Thamrin, Jakarta, Minggu.

Pihaknya juga telah mendapatkan laporan setidaknya dari 93 petugas di 93 titik di tanah air yang melakukan pemantauan secara hisab.

Sementara, dari sisi rukyat dilakukan oleh petugas dari Kementrian Agama di enam wilayah, yakni Nusa Tenggara Timur (NTT), Jombang, Bangkalan, Kebumen, Gresik, Brojonegoro.

“Kesemuanya telah menyatakan diri dibawah sumpah bahwa mereka telah melihat hilal,” tambahnya.

Selain itu, ia mengucapkan selamat kepada para umat muslim di Indonesia untuk menjalaniu puasa dan bisa menjaga kesucian di bulan ramadhaan agar kualitas ibadah men jadi lebih baik.

Dia juga meninta semua umat Islam dan seluruh warga bangsa selalu menjaga kesucian bulan mulia ini sehingga bisa menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya.(LMC/Trb)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top