Home / Medan / Transit di Medan, Ini Kata JK Soal Kebakaran Pasar Aksara

Transit di Medan, Ini Kata JK Soal Kebakaran Pasar Aksara

Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama istri dan rombongan saat transit di Bandara Kuala Namu, Kamis (14/7).(Foto:LintasMedan/ist)

Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama istri dan rombongan saat transit di Bandara Kuala Namu, Kamis (14/7).(Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 14/7 (LintasMedan) – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla beserta rombongan transit di Kuala Namu International Airport dalam perjalanannya menuju Ulan Bator, Mongolia, Kamis. Selama transit di Kuala Namu Wapres menyampaikan prihatin atas perstiwa kebakaran yang melanda ratusa kios Pasar Aksara dan Buana Plaza.

Menumpang pesawat khusus Kepresidenan BBJ-2, rombongan mendarat di Kuala Namu International Airport pada pukul 09:15 WIB. Pada pukul 9:23 WIB Wapres dan rombongan tampak turun dari pesawat dan langsung disambut Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung, Sekda Provsu Hasban Ritonga dan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan.

Wapres dan rombongan selanjutnya menuju ruang VIP Kuala Namu International Airport menunggu pengisian bahan bakar pesawat dan kebutuhan lain-lain.

Sekda Provsu Hasban mengatakan selama satu jam menunggu Wapres menyampaikan beberapa hal. di antaranya, menyampaikan keprihatinan atas peristiwa kebakaran yang menimpa Ratusan kios di gedung Pasar Aksara dan Buana Plaza di Jalan Aksara, Kecamatan Medan Tembung.

“Beliau prihatin atas peristiwa kebakaran pasar di Aksara baru-baru ini,” kata Sekda Hasban.

Wapres dalam kesempatan itu meminta Pemprov Sumut dan Pemko Medan bisa bersinergi segera menangani dampak peristiwa tersebut.

Dikatakan Hasban, Wakil Presiden dalam kesempatan itu meminta Pemerintah Daerah dapat segera memfasilitasi pembangunan kembali gedung pasar baru untuk menampung para pedagang yang kiosnya hangus terbakar. Hasban mengatakan Pemprov Sumut akan menindaklanjuti arahan Wapres tersebut.

“Kami terlebih dahulu akan melaporkan arahan Wapres ini kepada Gubernur Sumatera Utara,” ujar Hasban.

Wakil Presiden Jusuf Kalla bermaksud melakukan kunjungan kerja menghadiri Asia Europe Meeting (KTT ASEM) ke-11 Tahun 2016 yang digelar pada tanggal 15 hingga 16 Juli 2016. Rombongan lepas landas melalui Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, pukul 07.15 WIB.

Sekitar pukul 10:30 WIB pesawat kepresidenan lepas landas dari Bandara Kuala Namu menuju ke Ulan Bator, kemudian langsung menuju ASEM Villa di Ulan Bator.

Pada Jum’at (15/7/2016) besok, Wapres Jusuf Kalla beserta delegasi terbatas menuju Hotel Shangri La, Ulan Bator, untuk mengikuti upacara pembukaan Asia-Europe Meeting ke-11 Tahun 2016 pada pukul 09.00 WS.

Pada Sesi Plenary sekitar pukul 09.30 waktu setempat, Wapres diagendakan untuk menyampaikan pidato selama tiga menit, yang dilanjutkan dengan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala negara dan perdana menteri, di antaranya Presiden Republik Siprus, Perdana Menteri Ceko, Perdana Menteri Estonia,dan Pertemuan Perdana Menteri Kerajaan Belanda, serta Presiden Myanmar.

Asia-Europe Meeting adalah forum yang dibentuk untuk membicarakan permasalahan-permasalahan yang melibatkan negara-negara Eropa dan Asia. Forum ini membahas berbagai hal yang tidak terbatas, tetapi selama ini pembicaraan lebih terfokus pada aspek ekonomi, politik, strategi pertahanan, pendidikan, kebudayaan dan lingkungan hidup.

ASEM dirancang sebagai forum pembicaraan informal antara negara-negara Eropa dan Asia. Pertemuan para menteri berlangsung setiap tahun, sedangkan pertemuan antara Kepala Pemerintahan/ Negara (KTT) diadakan setiap dua tahun (sejak 1996), dengan tempat saling bergantian antara Eropa dan Asia. (LMC/rel)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top