Home / Kesehatan / Waspadai Gejala Awal Kanker Payudara

Waspadai Gejala Awal Kanker Payudara

Ilustrasi

Ilustrasi

Jakarta, 4/7 (LintasMedan) – Sampai hari ini kanker payudara masih menjadi momok yang menakutkan, khususnya bagi kaum wanita.

Kanker payudara seperti jenis kanker lainnya dimulai dari sebuah sel yang tumbuh dan berkembang biak di luar kendali. Ukuran sel kanker sangat kecil sehingga sangat sulit dideteksi ketika masih berada di tahap awal.

Adanya benjolan di sekitar payudara merupakan salah satu ciri atau tanda paling awal yang harus anda perhatikan. Sebagian wanita memiliki benjolan di daerah ketiak atau sekitar payudara sebagai tanda awal mereka telah terkena kanker payudara stadium awal.

Walau tidak 100 % benjolan ini menandakan bahwa anda terkena kanker, namun setidaknya anda harus waspada, mulai dari yang terasa kecil atau yang sudah mengganggu, sebaiknya langsung berkonsultasi ke dokter terkait.

Untuk membedakan mana benjolan yang kemungkinan besar adalah kanker payudara dan mana yang tidak, berikut adalah beberapa karakteristiknya

Tanda benjolan yang kemungkinan kanker, benjolan terasa keras, tidak diskrit, tetap dan tidak bergerak.

Hanya ada satu benjolan atau tidak ada benjolan yang sama di payudara sebelahnya

Kulit payudara berlesung pipit disertai dengan keluarnya cairan, kalau yang sudah parah.

Benjolan yang kemungkinan kecil menjadi kanker berupa benjolan lunak, diskrit; mudah dibedakan
bergerak dan ada beberapa benjolan di payudara, sebagaimana di sebelahnya.

Benjolan menghilang setelah siklus menstruasi

Selain benjolan, penebalan payudara di bawah ketiak juga wajib anda waspadai dan segera konsultasi di dokter terkait jika merasakan hal ini.

Selain itu, nyeri tidak kunjung hilang di bagian tertentu payudara

Mungkin saja terasa nyeri ketika anda mengalami menstruasi ataupun ketika sedang hamil. Namun tentu rasa nyeri tersebut dapat hilang seiring dengan selesainya siklus yang anda lalui.

Lalu bagaimana jika rasa nyeri tersebut tidak kunjung hilang? Jika tidak kunjung hilang coba teliti lagi apakah bagian yang nyeri tersebut terletak pada posisi yang sama atau tidak ? jika pada bagian yang sama maka akan semakin besar kemungkinan bahwa itu merupakan gejala kanker payudara yang harus anda waspadai.

Apa yang harus dilakukan pada nyeri tersebut? Jangan di pencet atau ditempelkan dengan’minyak’ pereda nyeri.

Segera konsultasikan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan jangan dibiarkan terlalu lama, karena akan sangat berbahaya.(LMC-int)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top