Home / Kesehatan / Cara Efektif Meredam Amarah dalam Kehidupan Sehari-hari

Cara Efektif Meredam Amarah dalam Kehidupan Sehari-hari

Ilustrasi. (Foto: LintasMedan/dok)

Ilustrasi. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 2/8 (LintasMedan) – Amarah adalah salah satu emosi manusia yang berlebihan karena manusia diciptakan dengan amarah untuk menjaga diri dari hal-hal berbahaya di lingkungan sekitarnya.

Kemampuan setiap orang untuk mengatasi amarahpun berbeda-beda, tergantung dari cara mendidik anak yang benar, dan lingkungan sekitar, demikian dilansir dari situs gudangkesehatan.com.

Tidak dipungkiri bahwa tingkat pendidikan seseorang juga berdampak besar kepada kemampuan mengatur amarah, namun jika Anda belajar secara terus menerus untuk mengendalikan amarah, latar belakang tidak menjadi masalah untuk Anda.

Berikut cara-cara meredam amarah/emosi :

1. Diam
Ketika seseorang sedang marah, sel-sel saraf akan bunuh diri, jika Anda sering lihat berita, terpampang jelas tidak sedikit orang yang melakukan tindakan konyol ketika sedang emosi. Saat Anda sedang marah anda akan menciptakan suasana yang memanas dengan nada-nada yang tinggi.

Mungkin Anda pernah dengar kalimat yang berbunyi Ketika marah, anda hitung angka dari 10 sebelum berbicara. Namun jika sudah terlalu marah, hitung dari seratus. Hal ini menunjukkan betapa bergunanya diam ketika kita sedang berada disituasi ini.

2. Acuh
Di dunia ini, Anda akan selalu menemukan orang-orang yang menyukai Anda ataupun sebaliknya. Namun apa jadinya jika orang lain ingin membuat anda emosi?.
Hal yang pertama anda lakukan dengan intropeksi, perbaiki hubungan namun bila usaha itu sudah tidak berfungsi Anda dapat mulai dengan bersikap acuh kepada orang-orang yang ingin membuat Anda marah.

3. Belajar Bertoleransi
Anda tidak akan pernah tau apa yang telah terjadi pada orang lain, walaupun orang lain sering memberi kesan buruk. Namun tidak semudah itu, Anda menilai orang lain.
Sama seperti orang lain atau mungkin diri Anda sendiri yang sering terpancing emosi karena ukuran masalah dari hal sepele hingga besar. Mulai saat ini, Anda harus belajar bertoleransi menghadapi orang-orang yang menyebalkan terutama yang memancing amarah Anda.

4. Jangan Menyimpan Amarah
Sifat dendam dan dengki akan membuat Anda terus memegang kebencian dan amarah. Hal ini akan lebih sakit karena hati Ada yang terkecam dengan amarah yang terus menerus.
Ketika Anda harus berkomunikasi dengan orang-orang yang memang labil dan tidak dapat mengontrol emosinya, Anda lebih baik memaafkan dan merelakannya. Adapun hal yang membuat Anda terus berkomunikasi dengan seseorang yang emosionalnya tingkat tinggi, Anda harus mulai profesional.

5. Introspeksi
Introspeksi adalah sesuatu yang sering orang lakukan karena paling gampang, namun tinjaulah dari berbagai sudut permasalahan. Jangan hanya bisa menyalahkan orang lain. Membuka pikiran adalah salah satu cara Anda melatih tingkat kedewasaan.
Dengan cara mengintropeksi diri sendiri tidak akan terlalu sulit daripada mengkoreksi kesalahan orang lain yang hanya akan membuat Anda lebih emosi.
Luangkan 10 – 30 menit untuk mengaca dan mulailah introspeksi. Jika Anda salah, segerakan untuk meminta maaf. Jika memang Anda benar, coba mulai rundingkan dan ambil jalan keluarnya.

6. Bermeditasi
Siapa sangka meditasi akan membuat Anda lebih bisa mengontrol diri. Dengan bermeditasi, Anda dapat mengendalikan hasrat negatif dari dalam diri Anda. Anda dapat melakukan rutinitas meditasi mulai sekarang saat pagi atau sebelum tidur, meditasi dapat Anda coba dan lakukan secara rutin.

7. Curhat
Sesi menyampaikan curahan hati (curhat) akan selalu ada di tengah masalah, mau masalah sudah tuntas, sedang terjadi atau belum terjadi. Diberi suatu pengalaman dimasa lalu tentu anda akan lebih menjaga diri dari hal-hal yang tidak diinginkan.
Curhat adalah ajang yang sangat penting, namun anda lebih baik curhat ke orang yang tepat, tidak mungkin kan Anda diolok-olok teman karena curhat ini-itu salah.
Cobalah curhat ke orang yang tepat yang akan dapat memberi solusi terbaik, jika masalah yang anda hadapi sangat berat, Anda dapat gunakan jasa psikiater untuk mencari solusi terbaik.

8. Pikirkan Solusi Singkat
Setiap masalah tentu akan ada solusinya, Anda sudah terlanjur dimarahi lebih baik anda tahan emosi. Menyendiri untuk beberapa saat dan pikirkan solusi singkat. Lakukan hal ini jika Anda ditemukan oleh beberapa masalah. (LMC/GKC)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top