Home / Sports / KONI Sumut Tetapkan Official Kontingen Menuju PON XIX Jawa Barat

KONI Sumut Tetapkan Official Kontingen Menuju PON XIX Jawa Barat

Rapat penetapan official kontingen Sumut menuju PON XIX di Jawa Barat, Jumat (27/8) di Sekretariat KONI Sumut.(Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 27/8 (LintasMedan) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara menetapkan nama-nama official kontingen daerah ini menuju PON XIX Jawa Barat, Jumat.

Penetapan susunan sejumlah nama official tersebut digelar di Sekretariat KONI Sumut, di bawah pimpinan ketua kontingen Jhon Ismadi Lubis, didampingi Ketua I Prof Dr Agung Sunarno M PD, Ketua II Drs Muhammad Syahrir dan Sekretaris Drs Chairul Azmi M. PD.

Dalam arahannya Jhon Lubis menyampaikan pesan Ketua Umum KONI Sumut Gus Irawan Pasaribu agar para official kontingen yang mendampingi dan mengurusi keperluan atlet saat berlaga di PON nanti benar-benar melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan kedudukan dan fungsinya masing-masing.

“Pimpinan kontingen bertanggungjawab kepada Ketua Umum KONI Sumut dan wajib menyampaikan laporan secara berkala,” kata Jhon Lubis.

Menurut Ketua Harian KONI Sumut ini, pihaknya telah mempersiapkan atlet secara maksimal dan siap diberangkatkan menuju PON Jabar.

Sebagaimana diketahui, PON XIX Jabar akan digelar 17 sampai 29 September, namun kata Jhon Lubis cabang sepakbola mulai dipertandingan 14 September.

“Sebagian atlet dan kontingen telah ada yang berangkat di bawah tanggal tersebut, seperti cabang drumband juga sudah harus menuju Bandung pada 5 September,” paparnya.

Dia berharap para atlet nantinya mampu berjuang maksimal mengangkat nama Sumut di kancah pesta olahraga tingkat nasional itu.

KONI Sumut, kata Jhon Lubis menyimpan harapan besar provinsi ini mampu mendulang medali dari beberapa cabor baru yang bukan merupakan tradisi emas.

“Seperti Biliar dan Bowling misalnya, kita yakin punya potensi mampu mendulang emas di PON kali ini,” kata Jhon.

Dia mengaku optimistis dua pebiliar Sumut yakni Jaka Kurniawan dan Marlando Sihombing mampu meraih minimal dua emas. “Apalagi saat ini keduanya masuk peringkat atas nasional, bahkan Jaka berada diperingkat 1,” tuturnya.

Sementara dari cabang renang, diyakini Sumut mampu mendulang emas dari nomor perairan terbuka 10 KM.

Seperti diketahui Sumut memiliki sejumlah cabor potensial yang merupakan tradisi emas di PON seperti wushu, karate, maupun taekwondo.

Bahkan beberapa waktu lalu tradisi emas juga tercipta dari beberapa cabor lainnya seperti gulat, senam dan tinju.

“Di PON kali ini kita sangat berharap juga mampu merebut medali emas dari cabor yang bukan merupakan tradisi emas, seperti bowling dan biliar misalnya,” kata Jhon Lubis. (LMC/rel)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top