Home / Sumut / Pemprov Sumut Diminta Serius Bangun Pertanian Langkat

Pemprov Sumut Diminta Serius Bangun Pertanian Langkat

Muhri Fauzi Hafiz (Foto:LintasMedan/irma)

Medan, 13/8 (LintasMedan) – Tim Kunjungan Kerja (Kunker) DPRD Sumut Daerah Pemilihan (Dapil) XII Kabupaten Langkat dan Binjai mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat serius mendukung program pembanguan sektor pertanian khususnya di Kabupaten Langkat yang selama beberapa tahun terakhir nyaris terabaikan serta minim sentuhan.

“Kami prihatin dengan kondisi pengelolaan pertanian di Kabupaten Langkat termasuk nasib sejumlah petani di wilayah tersebut yang selama ini minim bantuan pemerintah,” kata Muhri Fauzi Hafiz anggota tim kunker Dapil XII setelah meninjau langsung sejumlah sarana pertanian di Kabupaten Langkat pekan lalu

Menurut dia Pemprov Sumut melalui Dinas Pertanian sudah selayaknya memiliki program untuk pengembangan sektor tersebut di kabupaten Langkat.

Apalagi wilayah itu merupakan salah satu sentra produksi beras dan hasil perkebunan setelah Serdang Bedagai

“Sehingga sangat disayangkan sektor pertanian dinilai kurang mendapat perhatian serius oleh pemerintah,” kata Politisi Demokrat itu usai rapat paripurna laporan hasil kunker, di gedung DPRD Sumut, kemarin.

Untuk anggaran tahun 2015, kata anggota Komisi C ini hanya tertera program pembuatan rumah kompos dari Dinas Pertanian Pemprov Sumut dengan total anggaran hampir satu Miliar.

“Hanya ada satu program Dinas Pertanian yakni pembuatan rumah kompos, itupun kami belum tahu benar atau tidak kegiatannya,” katanya.

Fauzi mengaku menyesalkan Pemprov Sumut dalam menyusun program pembangunan tidak melihat ciri khusus dari suatu daerah, seperti Kabupaten Langkat yang cukup dominan untuk pengembangan sektor pertanian.

“Harusnya ciri suatu daerah bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk menyusun suatu program pembangunan,” katanya.

Selama beberapa tahun terakhir, lanjut dia Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) Sumut dominan dialokasikan untuk membangun infrastrutur jalan dan jembatan. Padahal, Langkat secara geografis sangat potensial untuk pengembangan pertanian. (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top