Home / Sumut / Pemkab Simalungun-Aquafarm dan Masyarakat Bersihkan Danau Toba

Pemkab Simalungun-Aquafarm dan Masyarakat Bersihkan Danau Toba

Bersih-bersih Danau toba. (Foto:lintasmedan/ist)

Parapat, 7/9 (LintasMedan) – PT Aquafarm Nusantara (AN) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun dan warga melakukan kegiatan pembersihan Danau Toba dalam rangka mendukung wacana pemerintah membangun sektor pariwisata di lokasi itu.

“Bersih-bersih itu dilakukan mulai dari pantai Ajibata, Tigaraja, Parapat sampai Sibaganding, Kabupaten Simalungun dengan mengorek dan membuang sampah-sampah domestik yang menumpuk di pinggiran pantai,” kata CSR Toba PT AN Budianto Situmorang kepada wartawan, Rabu.

Menurut Budidanto, sebagai perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA), PT AN senantiasa taat dan tunduk kepada setiap peraturan pemerintah yang terkait dengan operasional budidaya perikanan ikan nila di kawasan Danau Toba.

Untuk kebersihan Danau Toba misalnya, Aquafarm secara kontinu melakukan pembersihan khususnya di sekitaran budidaya ikan nila milik Aquafarm yakni di Parapat, Aijabata dan sekitar Panahatan (Sibaganding) dua kali dalam seminggu.

“Untuk kegiatan pembersihan itu kami berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan melibatkan warga setempat di seputaran Danau Toba untuk mengatasi sampah domestik dan sebaran enceng gondok,” tuturnya.

Enceng gondok itu kata dia, akan dijadikan pupuk organik dan diberikan kepada petani untuk pertanian mereka, seperti di Ajibata, Motung, Girsang sampai ke Tomok Samosir.

Dikatakannya, kapal Aquaclean Aquafarm beserta kru IPAL dan Humas PT AN senantiasa berbaur dengan pemerintah dan masyarakat setempat untuk membersihkan sampah-sampah domestik disepanjang pantai Ajibata-Parapat sampai pantai Sibaganding, area pemandangan Danau Toba Simalungun.

Seperti yang dilakukan pihak Kelurahan Ajibata sekarang ini, karyawan PT AN turut berpartisipasi. “Sampah-sampah berupa botol aqua, plastik, dan popok bekas dikumpulkan, selanjutnya dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA),” sebutnya.

Sementara itu, Lurah Ajibata Ferry Risdoni Sinaga mengatakan, kegiatan bersih-bersih di pinggiran dan perairan Danau Toba sudah mereka lakukan sejak empat bulan terakhir. Kebersihan itu dimulai dari samping Pelabuhan Tiga Raja sampai mercusuar Istana Soekarno, Parapat. “Pembersihan itu melibatkan pihak Kelurahan Tiga Raja, masyarakat sekitar pantai, Dinas Kebersihan Simalungun, aparat TNI dan Organisasi Perkapalan Sejenis (OPS),” kata Sinaga.(LMC/rel)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top