Home / Sumut / PT Aquafarm dan Pemkab Sergai Wacanakan Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar

PT Aquafarm dan Pemkab Sergai Wacanakan Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar

Diskusi wacana pengembangan ikan air tawar PT Aquafarm dan Pemkab Serga, baru-baru ini.(Foto:LintasMedan/ist)

Sei Rampah (2/9) – PT Aquafarm Nusantara mendiskusikan wacana pengembangan budidaya ikan air tawar bersama Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai baru-baru ini.

Kerjasama di antaranya dalam bentuk bantuan teknis dan pendampingan terhadap pembudidaya ikan air tawar yang implementasinya akan dikoordinir oleh Dinas Kelautan dan Perikanan.

Bupati Sergai Ir Soekirman menyampaikan potensi besar perikanan air tawar yang ada di Sergai, namun belum dapat dikembangkan dengan baik.

“Potensi untuk budidaya perikanan melalui kolam bekas budidaya udang yang sudah menjadi lahan tidur dan sungai cukup besar tetapi belum berkembang dengan baik. Dan berharap dukungan PT AN untuk bisa mengembangkannya”, katanya saat menerima audensi pihak Manajemen PT Aquafarm Nusantara (PT AN) di Kantor Bupati Serdang Bedagai.

Soekirman didampingi Wakil Bupati Darma Wijaya, Sekda Hadi Winarno serta unsur pimpinan SKPD
menyambut baik atas audiensi dan kabar baik yang disampaikan manajemen dan berharap PT AN tetap bisa berkembang dan memberikan manfaat besar ke masyarakat khususnya di wilayah itu.

“Dengan jumlah karyawan PT. AN mencapai 4.000-an di Sergai, terus terang akan menjadi masalah yang sangat besar bagi kami, jika perusahaan terganggu operasionalnya”, paparnya.

Sementara Head of Corporate General Affair PT AN, Rudi Hertanto didampingi Manager Humas Afrizal, Manager CSR Saruhum Rambe dan Staf Humas PTAN Sergai Arief Berutu, menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan Pemkab setempat untuk kelancaran operasional perusahaan tersebut.

Dukungan di antaranya dalam bentuk menciptakan iklim investasi yang kondusif, sarana jalan dan pembinaan.

“Kami juga berterima kasih karena telah memberikan dukungan moral ke perusahaan atas dinamika yang dihadapi di Danau Toba,” ucap Rudi.

Lebih lanjut Rudi, menjelaskan perkembangan terakhir dan arah kebijakan pemerintah tentang KJA di Danau Toba yang awalnya disebut Zero KJA kini ke arah Penataan dan Pengendalian KJA demi mewujudkan budidaya perikanan yang lestari ramah lingkungan dan bersinergi dengan kepariwisataan.

Terkait wacana kerjasama pengembangan budidaya ikan air tawar bersama Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai manajemen PT AN juga menyambut baik usulan tersebut.

“PT AN siap berkontribusi melalui bimbingan teknis dan pendampingan”, ucap Rudi.

Humas PTAN Afrizal menambahkan bahwa masyarakat telah memulai kegiatan pembenihan di beberapa Desa dan perusahaan siap memberikan kontribusi dalam bentuk program CSR, untuk memberikan dukungan agar perikanan di Kabupaten Serdang Bedagai meningkat sebagaimana Inpres No. 07 Th 2016 Tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional.(LMC/rel)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top