Home / Medan / 2098 Pencari Suaka Tinggal di Kota Medan

2098 Pencari Suaka Tinggal di Kota Medan

Medan, 12/10 (LintasMedan) – Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut, Yudi mengatakan hingga 2016 sejumlah 2098 pengungsi yang juga pencari suaka berdiam di Kota Medan. Mereka tersebar di tujuh lokasi pengungsian.

Yudi mengatakan jika masyarakat merasa terganggu dengan keberadaan maupun polah tingkah oknum pengungsi silakan melapor ke Kantor Imigrasi Kota Medan.

“Kami juga tidak menghendaki pengungsi. Ini bukan masalah imigrasi saja. Ini masalah kita semua,”katanya saat rapat dengar pendapat membahas persoalan pencari suaka tersebut dengan Komisi A DPRD Medan.

Yudi lebh jauh menambahkan dari jumlah 2098 pengungsi, 318 akan diberangkatkan menuju negara tujuan ke tiga yakni Amerika Serikat.

Ketua Komisi A DPRD Medan, Roby Barus yang memimpin rapat saat itu menegaskan kepada Internasional Organization of Migraation (IOM) untuk membangun satu lokasi penampungan di Kota Medan.

Sehingga keberadaan para pengungsi ini dapat diawasi oleh pihak imigrasi dan Dinsosnaker.

“Kami minta kepada IOM untuk menyewa satu tempat penampungan. Jangan beepencar-pencar.Selain itu, dapat juga terawasi oleh pihak Imigrasi,”katanya.

Politisi PDI Perjuangan ini pun kembali menilai IOM seakan sebagai agen untuk menampung pengungsi di Kota Medan. Pasalnya, pengawasan di Kota Medan begitu longgar. “ Jangan-jangan kalian agen dari sana. Karena di sini begitu leluasa. Begitu bebas,”katanya.

Andi Lumbangaol,Wakil Ketua Komisi A pun kembali mengingatkan seluruh pihak agar serisu melakukan penanganan pengungsi tersebut.

“ Ini harus diatasi dengan cepat.Jangan sampai masyarakat kita sendiri juga punya keinginan menjadi pengungsi karena mendapat biaya makan dan lainnya.(LMC-043)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top