Home / Medan / Dewan Tuding Pemko Medan Tak Optimal Gali PAD

Dewan Tuding Pemko Medan Tak Optimal Gali PAD

Ilustrasi

Medan, 5/10 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan dinilai belum optimal menggali pendapatan asli daerah (PAD).

Panitia Khusus DPRD Medan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Walikota Medan atas pelaksanaan APBD 2015 (Pansus LPj) menyampaikan rekomendasi untuk peningkatan PAD
“Merekomendasikan agar Walikota Medan menyusun secara jelas dan terukur. Menerapkan sistem pajak secara online data yang valid,” kata Ketua Pansus LPj M Nasir dalam Paripurna DPRD Medan, Rabu.
Pansus juga merekomendasikan agar Pemko Medan mendata ulang potensi ril objek retribusi dan penetapan standar operasional prosedur (SOP) yang jelas dan terukur dalam hal pengelolaan retribusi. Disampaikan juga, agar Pemko Medan menginventarisir kembali aset tanah dan bangunan yang disewakan.

“Inventarisir dan sewa-menyewa melalui kajian atas harga terkini. Meninjau ulang ketenuan sewa menyewa sehingga lebih optimal,” katnya.

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung, dihadiri Walikota Medan Dzulmi Eldin dan Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, Pansus juga mengkritisi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang tak berhasil melaksanakan seluruh program yang sudah disetujui dalam APBD 2015. Pansus menilai program tak dilaksanakan karena SKPD belum memahami anggaran yang diajukan dan kurangnya koordinasi antar SKPD dengan tim anggaran dalam penyusunan anggaran.

“Apabila program tak terlalu penting, janganlah dianggarkan! Pergunakanlah anggaran seefesien dan seefktif mungkin. Dan harus bisa diukur manfaatnya terhadap kebutuhan masyarakat,” katanya.

Kesempatan itu, pansus juga menyampaikan agar Pemko Medan fokus pada pendidikan, kesehatan dan infrastruktur yang merata. “Segera susun rencana induk (master plan) pembangunan Kota Medan, secara utuh, jelas tahapanya,” katanya. (LMC-3)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top