Home / Medan / DPRD Medan Janji Koordinasi dengan MUI Awasi Produk Halal

DPRD Medan Janji Koordinasi dengan MUI Awasi Produk Halal

Hendrik Halomoan sitompul (Foto:ist)

Medan, 24/10 (LintasMedan) – Ketua Panitia Khusus Ranperda Pengawasan serta Jaminan Produk Halal dan Higienis DPRD Medan, Hendrik Halomoan Sitompul mengatakan berkordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam mengawasi prosuk halal di Kota Medan.

“Kalau tentang produk halal kana dikordinasikan dengan MUI. Apa yang dibilang MUI, itulah yang kita jalankan,” paparnya usai terpilih menjadi ketua Pansus, Senin.

Politisi Partai Demokrat ini menegaskan tidak ada masalah dalam pembahasan Ranperda tersebut, meski kemepimpinannya mendapat kritik dari sejumlah wakil rakyat dengan alasan bukan beragama Islam.

“Intinya semua ini menyangkut kepentingan masyarakat, sehingga jika salah mengambil keputusan bisa berdampak besar,” tegasnya.

Ketua MUI Kota Medan, Prof Mohammad Hatta juga mengaku tidak keberatan terpilihnya Hendrik menjadi Ketua Pansus Ranperda Pengawasan Serta Jaminan Produk Halal dan Higienis.

“Ini merupakan Perda produk DPRD Medan yang akan dibahas bersama-oleh anggota lainnya, sebenarnya tak masalah siapapun yang jadi ketua pansusnya,” kata Hatta menjawab SMS wartawan.

Sebelumnya Hendrik terpilih sebagai ketua Pansus Ranperd Pengawasan Serta Jaminan Produk Halal dan Higienis mendapat kritik sejumlah wakil rakyat.

“Kita ragukan pemahamannya soal defenisi halal,” kata anggota Pansus Rajudin Sagala.

Menurutnya definisi halal itu berasal dari Al Quran dan Hadis dan Ranperda Pengawasan Serta Jaminan Produl Halal dan Higienis sangat berkaitan dengan kepentingan masyarakat khususnya umat Islam di Kota Medan.

“Jangan sampai, Ranperda yang dihasilkan nanti malah memunculkan kontraversi di tengah-tengah umat,” ujarnya.

Politisi PKS, M Nasir juga meminta agar seluruh anggota Pansus mengawal pembahasan Ranperda Pengawasan Serta Jaminan Produk Halal dan Higienis agar tidak melenceng.

Anggota Fraksi PAN, Ahmad Arief juga mengkhawatirkan persoalan tersebut karena beranggapan ketua pansusnya tidak memahami tentang defenisi halal.

Pemilihan Ketua Pansus Pengawasan Serta Jaminan Produk Halal dan Higienis dilakukan melalui voting.

Ada tiga kandidat yang terpilih sebagai calon ketua Pansus diantaranya Hendrik Halomoan Sitompul dari Fraksi Demokrat, Rajuddin Sagala dari Fraksi PKS dan Zulkifli Lubis dari Fraksi PPP.

Namun akhirnya, Zulkifli Lubis memilih mundur dan Hendrik Halomoan Sitompul meraih 11 suara dan Rajuddin 8 suara. (LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top