Home / Medan / DPRD Pertanyakan Penghapusan Program Penegasan Batas Daerah

DPRD Pertanyakan Penghapusan Program Penegasan Batas Daerah

Ilustrasi - gedung DPRD Medan

Ilustrasi – gedung DPRD Medan

Medan, 26/10 (LintasMedan) – Sejumlah program kerja di Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) menjadi sorotan DPRD Medan, diantaranya program penegasan batas daerah Kota Medan. Program tersebut sebelumnya dianggarkan Rp.500 juta lebih pada APBD 2016 tetapi pada P APBD 2016 anggaran tersebut dihapus.

“Saya melihat program ini sangat baik, tapi kenapa dihapus, kami mohon penjelasan,” ucap Anggota DPRD Medan, HT. Bahrumsyah dalam rapat lanjutam pembahasan P APBD 2016, di ruang Paripurna Rabu.

Bahrum menjelaskan banyak permasalahan di batas daerah yang sekarang terjadi di masyarakat di perbatasan yang memerlukan follow up dari pemerintah Kota.

“Seperti masalah di kawasan Mabar Hilir disana ada sengketa tanah warga dimana kasusnya masuk di PN Lubuk Pakam, sementara sertifikat tanah tersebut berada di Kota Medan,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung yang meminta program ini tidak dihapuskan. “Kita melihat batas wilayah sangat compang camping dan tidak jelas, untuk itu kita meminta program ini tidak dihpuskan,” jelasnya.

Terkait persoalan ini, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Zein Noval SSTP, menegaskan program Penegasan batas daerah kota Medan tersebut diantaranya untuk pembuatan patok dan hiponor petugas.

“Anggarannya Rp.500 juta itu program untuk pengadaan patok sebesar Rp.350 juta lebih dan 159 juta diantaranya untuk honor petugas yang melakukan pengecekan,” jelasnya seraya mengatakan program ini ditunda untuk sementara dan akan dilanjutkan 2017.

Dikatakannya juga, untuk program seperti ini rencananya akan ada program dari pusat terkait penegasan batas wikayah kelurahan dari pusat sebesar Rp.2,5 miliar

“Direncanakan ada program dari pusat sebesar Rp.2,7 miliar terkait penegasan batas wilayah kelurahan, ini salah satu pertimbangan kami,” katanya.(LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top