Home / Gaya Hidup / Cara Mudah Agar Terlihat Awet Muda

Cara Mudah Agar Terlihat Awet Muda

Foto: Ilustrasi

Foto: Ilustrasi

Medan, 20/11 (LintasMedan) – Sebagian orang melakukan segala cara agar tampak awet muda, dari suntik botoks sampai operasi plastik. Tampil muda dan segar memang menjadi dambaan setiap orang. Hanya, tak semua orang mau dan mampu melakukan tindakan ekstrem seperti tadi.

Sebab, masih ada cara alami agar tetap tampak cantik, segar, dan energik. Dengan begitu, kita akan selalu tampak muda.

1. Gunakan pelindung wajah dengan SPF setiap hari
Menggunakan produk dengan sun protection factor (SPF) setiap hari adalah keharusan. Tujuannya, mencegah tanda-tanda awal penuaan akibat kerusakan kulit yang disebabkan paparan sinar matahari. Pilihlah produk yang mengandung SPF, lebih baik di atas 30, untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

2. Lembapkan wajah dengan produk yang berbahan dasar retinol
Retinol adalah salah satu bentuk dari vitamin A dan berguna dalam mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan hilangnya elastisitas kulit, begitu menurut laporan yang dimuat Dermato Endocrinology pada 2012. Penulis laporan tersebut menyarankan penggunaan produk-produk perawatan berbahan dasar retinol sebagai pelengkap produk anti-sinar matahari untuk mencegah kerutan di wajah.

3. Lakukan pengelupasan
Melakukan pengelupasan kulit dengan cara yang benar akan membuat wajah terlihat halus dan lebih segar, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta membantu mengatasi masalah warna kulit yang berbeda, begitu menurut American Academy of Dermatology. Hanya, perawatan seperti ini tak boleh dilakukan oleh wanita hamil atau menyusui.

4. Mengkonsumsi makanan bernutrisi
Apa yang kita makan mempengaruhi kulit. Mengkonsumsi nutrisi yang tepat akan membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini. Menurut laporan Dermato Endocrinology pada 2012, suplemen nutrisi, terutama yang mengandung antioksidan, membantu menunda tanda-tanda penuaan tersebut. Anda membutuhkan vitamin C, E, karoten, tembaga, dan selenium bila kulit ingin terlihat lebih muda.

5. Jagalah berat badan yang sehat dan berolahraga
Tubuh yang terlalu gemuk membuat orang terlihat lebih tua dari usianya. Jadi jagalah berat badan yang sehat dan ideal agar penampilan terlihat lebih muda. Berolahraga teratur adalah salah satu cara untuk memiliki tubuh ideal dan bermanfaat sebagai anti-penuaan. Sebuah laporan di Aging Cell pada 2015 menyebutkan olahraga yang membutuhkan daya tahan, seperti lari, berenang, dan bersepeda, bisa memperlambat proses penuaan kulit. (LMC/TC)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top