Home / Luar Negeri / Donald Trump dan Berbagai Hal Kontroversial

Donald Trump dan Berbagai Hal Kontroversial

Donald Trump saat berkampanye.(Foto:LintasMedan/ist)

Jakarta, 9/11 (LintasMedan) – Donald Trump akan menjadi Presiden Amerika Serikat ke-45 setelah secara mengejutkan mengalahkan calon dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, dengan kemenangan di sejumlah negara bagian penting.

Siapakah Donald Trump?

Donald Trump adalah pengusaha Amerika, yang terkenal di AS setelah muncul dalam acara TV The Apprentice.

Ia berusia 70 tahun dan itu berarti ia adalah presiden tertua dalam sejarah Amerika Serikat.
Apa yang ia inginkan saat menjadi presiden?

Donald Trump mengatakan ia akan membuat “Amerika kembali menjadi negara besar.”

Ia mengatakan akan menciptakan banyak lapangan pekerjaan di sejumlah tempat Amerika Serikat yang banyak pengangguran.

Ia juga ingin langkah lebih keras terhadap terorisme, termasuk terhadap kelompok yang menyebut diri Negara Islam atau ISIS.

Trump bersikap keras terhadap imigran dan mengatakan akan membangun tembok antara Meksiko dan Amerika Serikat untuk menghentikan orang yang masuk secara gelap.

Ia juga akan mengusir imigran ilegal yang tinggal di Amerika.

Ia menyatakan orang yang masuk ke AS, termasuk Muslim, akan menghadapi pemeriksaan ketat yang menurutnya akan membantu mencegah masuknya kelompok ekstrem seperti ISIS.

Mengapa ia menyebabkan kontroversi?

Selama kampanyenya, Donald Trump membuat sejumlah komentar seksi tentang perempuan yang menyinggung banyak orang.

Ia juga membuat banyak komentar kontroversial tentang orang dari berbagai negara dan ras.

Saat mencalonkan diri Desember lalu, pernyataan Trump tentang larangan Muslim masuk ke Amerika Serikat menjadi topik populer di Twitter saat itu dan disinggung lebih 900.000 kali.

Menanggapi pernyataan Trump saat itu, lewat akun twitternya, calon presiden dari Partai Demokrat Hilary Clinton, menyebut ide Trump pantas untuk dicela, merugikan masyarakat, dan dapat memecah belah.

Walikota St. Petersburg, Florida, AS, menyebutkan “Trump dilarang masuk St Petersburg, sampai kita semua mengerti bahaya yang ditimbulkan semua Trumps.”

Namun orang-orang yang sepakat dengan Trump menyatakan walau terdengar kasar, pernyataan Trump merupakan ide bagus dan bahwa rakyat Amerika harus melihat kenyataan.

Inilah 10 hal kontroversial yang diyakini oleh Trump saat itu:

1. Harus ada pengawasan di masjid-masjid Amerika Serikat. Trump menyatakan Muslim harus diawasi penegak hukum sebagai program kontra terorisme dan tidak peduli bila dianggap pengawasan masjid langkah “yang tak tepat secara politik.

2. Amerika Serikat harus menggunakan waterboarding atau penyiksaan tahanan dengan menenggelamkan kepala dan metode “interogasi keras” lain untuk memerangi kelompok yang menyebut diri Negara Islam atau ISIS. Ia mengatakan metode ini sebagai “kacang” bila dibandingkan dengan taktik yang digunakan militan, seperti pemenggalan.
Image caption Trump menyatakan masjid di AS harus diawasi.

3. Trump akan membom keluar ISIS. Ia mengklaim tidak ada calon lain yang lebih keras terhadap ISIS dan dia akan memperlemah militan dengan memotong jalur mereka untuk minyak.

4. Ia ingin membangun, “tembok raksasa” antara Amerika dan Meksiko agar imigran gelap tak masuk termasuk migran Suriah. Trump mengatakan warga Meksiko yang masuk ke Amerika sebagian besar adalah penjahat. “Mereka membawa obat bius, penjahat dan mereka adalah pemerkosa,” katanya. Ia mengatakan Meksiko harus membayar tembok raksasa itu dan menurut analisa BBC bernilai antara US$2,2 miliar sampai US$13 miliar.
Image caption Muslim di Amerika Serikat.

5. Deportasi massal sekitar 11 juta imigran ilegal yang tinggal di Amerika Serikat akan diberlakukan. Gagasan Trump dikritik sebagai kekhawatiran berlebihan dan sangat mahal dengan perkiraan BBC sekitar US$114 miliar. Ia juga akan mengakhiri “hak kewarganegaraan karena lahir”, kebijakan yang memberikan anak-anak imigran gelap kewarganegaraan karena lahir di Amerika.

6. Trump dan Vladimir Putin akan “sangat cocok”. Dalam wawancara dengan CNN, Trump mengatakan Putin dan Obama tidak saling menyukai sehingga sulit bernegosiasi, namun “Saya mungkin akan sangat cocok dengannya. Dan saya rasa tidak akan ada masalah seperti yang ada sekarang.

7. Cina harus dibebani tugas menangani sejumlah isu agar perdagangan dengan Amerika Serikat lebih berimbang. Bila terpilih, Trump mengatakan ia akan membuat Cina menghentikan langkah mengurangi nilai mata uangnya dan memaksa Beijing meningkatkan standar lingkungan dan buruh.
Image caption Trump dalam bukunya menyebutkan, “Dia adalah orang yang sangat baik.”

8. Perubahan iklim hanyalah “cuaca”. Trump percaya bahwa isu penting menjaga “udara bersih” dan “air bersih”, namun menyebut perubahan iklim “palsu” dan percaya pembagtasan lingkungan dalam sektor bisnis akan mengurangi persaingan di pasar global.

9. Dunia akan lebih baik bila Saddam Hussein dan Muammar Gaddhafi masih berkuasa. Trump mengatakan kepada CNN, ia percaya situasi di Libia dan juga Irak “jauh lebih buruk” dibandingkan saat dua diktator itu masih ada.

10. Trump adalah “orang yang sangat baik”. Dalam bukunya yang diterbitkan baru-baru ini, Crippled America, ia menulis, “Saya orang yang sangat baik, percayalah. Saya bangga karena menjadi orang baik dan saya juga bersemangat dan bertekad akan menjadikan negara kita kembali besar”.(LMC/BBC)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top