Home / Kesehatan / Empat Cara Mengecilkan Perut

Empat Cara Mengecilkan Perut

Foto: Ilustrasi

Foto: Ilustrasi

Medan, 11/11 (LintasMedan) – Siapa yang tidak mau memiliki perut ramping dan kencang. Sayangnya, tak semua orang beruntung memilikinya. Pola makan yang tidak terkontrol dan kurang melakukan aktivitas fisik adalah salah satu penyebabnya.

Setiap orang memiliki lemak, ini perlu untuk melindungi organ-organ tubuh, namun lemak yang berlebihan akan disimpan di bagian-bagian tertentu dari tubuh, seperti perut misalnya, seperti dilansir situs keluarga.com, Jumat.

Lemak yang bertimbun akan menyebabkan banyak macam penyakit antara lain diabetes, sakit jantung, dan kanker.

Mengingat bahayanya, lakukan langkah-langkah ini untuk mengecilkan perut:

1. Gerak badan
Anda perlu berjalan cepat paling tidak 30 menit sehari, 4 x seminggu untuk membakar lemak tubuh Anda. Bila Anda orang yang kurang aktif, misalnya yang duduk bekerja di kantor, Anda perlu berjalan kaki di pagi hari dengan langkah cepat sebelum Anda masuk kerja. Selain berjalan kaki Anda dapat memakai alat olahraga seperti mesin treadmill atau sepeda statik.

2. Diet
Biasanya bila berat Anda berkurang, perut anda akan ikut mengecil. Jagalah makanan Anda agar mengandung banyak serat dan sayur. Nasi putih memang lebih enak tetapi nasi merah mengandung lebih banyak serat, ini akan membantu pencernaan Anda. Bila Anda tidak terbiasa makan nasi merah dan mengalami sakit perut bila memakannya, lakukanlah secara bertahap. Ketika memasak nasi, campurkan beras merah ke beras putih. Pertama-tama mungkin cuma seperempat bagian beras merah, secara bertahap tambahkan porsinya sampai perut dan mulut Anda terbiasa.

3. Tidur
Tampaknya tidak begitu penting, tetapi tidur secara teratur sangat membantu menjaga kesehatan tubuh. Menurut sebuah penelitian, orang yang tidur 6 – 7 jam setiap malam berat badannya lebih stabil dibanding orang yang tidur 5 jam atau kurang. Begitu pula tidur berlebihan tidaklah membantu mengurangi berat badan. Ini masuk akal karena dengan tidur berlebihan Anda menjadi kurang aktif. Bangun tidur mungkin Anda malah merasa badan pegal-pegal, kepala pusing. Sebaliknya bila Anda bangun pagi dan berjalan kaki cepat Anda akan merasa lebih sehat.

4. Stres
Faktor stres juga berperan besar dalam mengendalikan berat badan. Anda mungkin tidak bisa menghindari stres. Semua orang pasti mengalaminya, baik di rumah maupun di tempat kerja. Bisa disebabkan oleh anak-anak yang bandel atau merongrong, bisa juga karena atasan yang menekan atau teman kerja yang malas sehingga pekerjaan Anda bertimbun. Tetapi Anda harus tahu cara mengatasinya dan tidak membiarkan stres menggerogoti pikiran serta perasaan Anda. Carilah waktu santai bersama teman atau keluarga untuk mengurangi stres.(LMC/KC)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top