Home / Medan / Pemerintah Diminta Bersihkan Seluruh Praktik Pungli

Pemerintah Diminta Bersihkan Seluruh Praktik Pungli

pungli-uangMedan, 11/11 (LintasMedan) – Program pemerintah pusat untuk memberantas praktik pungli mendapat respon positif dari kalangan legislatif di DPRD Kota Medan.

Namun pemerintah juga diminta serius dalam memberangus praktik ‘melawan hukum’ tersebut hingga semua lini dan instansi.

“Program pemerintah memberantas pungli jangan hanya sebatas pencitraan, namun harus dijalankan dengan serius,” kata Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga, Jumat.

Karena politisi Partai gerindra ini justru menilai program yang di gadang-gadang pemerintah pusat itu hanya menyoroti praktik pungli yang dilakukan pemain kelas bawah.

“Aktor utamanya yang sekaligus menjadi penyebab praktik pungli tumbuh subuh tetap tak pernah tersentuh hukum.,” katanya.

Dikatakannya, jika tim Saber (sapu bersih) Pungli bentukan pemerintah serius menjalankan program ini, banyak tempat yang bisa ditelusuri dan diinvestigasi, seperti Puskemas, BPJS, instansi pemerintah dan lainnya.

Dia juga mencontohkan sejumlah instasi pemeringtah yang lahan parkirnya kerap menjadi sarana praktik pungli.

“Padahal kutipan parkir di halaman instansi pemerintahan sebagaimana aturan tidak memiliki kewajiban retribusi pajak parkir di wilayah itu, sesuai dengan peraturan daerah.” ucapnya.

Untuk itu, tim Saber Pungli bisa meninjau lokasi yang telah disebutkan, agar masyarakat yang datang ke instansi pemerintah tersebut tidak dibebankan lagi dengan biaya tak terduga.(LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top