Home / Nasional / Presiden Janji Proses Hukum Ahok Tegas dan Transparan

Presiden Janji Proses Hukum Ahok Tegas dan Transparan

Presiden RI Joko Widodo. (Foto:Lintasmedan/ist)

Jakarta, 5/11 (LintasMedan) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menyampaikan keterangan di Istana Negara, sabtu dinihari, terkait demo ratusan ribu massa Ummat Islam atas dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Dalam merespon tuntutan massa tersebut, Presiden menyatakan proses hukum terhadap Ahok akan dilakukan secara tegas, tepat dan transparan.

Pernyataan itu ditegaskan Presiden berdasarkan hasil pertemuan pihaknya saat menerima perwakilan pegunjukrasa dengan didampingi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mensesneg, Kapolri dan Panglima TNI.

“Sebagai negara demokrasi kita menghargai proses penyampaian aspirasi melalui jalur yang dilakukan hari ini dengan cara cara yang tertib dan damai,” kata Presiden.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Ulama, Kyai dan Ustad yang telah memimpin ummatnya dengan cara yang menyejukkan.

“Hingga magrib aksi berjalan dengan tertib dan damai, tapi kita menyesalkan kejadian ba’da Isya yang seharusnya sudah bubar tapi menjadi rusuh,” katanya.

Menurut Presiden hal itu terlihat telah ditunggangi aktor-aktor poitik yang memanfaatkan situasi.

Jokowi meminta agar para pengunjukrasa kembali pulang ke rumah masing-masing dan ke daerah masing-masing.

“Biarkan aparat keamanan menyiapkan proses penegakan hukum yang seadil-adilnya. Saya juga menghargai aparat keamanan yang bekerja maksimal sehingga suasana persuasif dan kondusif,” katanya.(LMC-2)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top