Home / Sumut / PT Aquafarm Gelar Donor Darah

PT Aquafarm Gelar Donor Darah

Donor darah PT Aquafarm Nusantara, pekan kemarin di areal perusahaan itu di Desa Naga Kisar.(Foto:LintasMedan/ist)

Pantai Cermin, 19/12 (LintasMedan) – Minat masyarakat Sumatera Utara (Sumut)  melakukan donor darah saat ini cukup tinggi. Selain baik untuk kesehatan juga sangat membantu masyarakat (pasien) yang membutuhkan tambahan darah. Apalagi saat ini, permintaan darah cukup tinggi.

“Dengan adanya aksi donor darah yang dilakukan perusahaan-perusahaan seperti yang dilakukan pihak PT Aquafarm Nusantara (AN) saat ini, akan sangat membantu pasien-pasien yang membutuhkan pertolongan darah,” kata Kepala Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Deliserdang dr Lili Indah Sari Siregar kepada wartawan, di sela-sela kegiatan donor darah PT Aquafarm, Sabtu di lingkungan perusahaan tersebut di Desa Naga Kisar, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai.

Dikatakan Lili, saat ini kebutuhan darah untuk rumah sakit (RS) khususnya di Kabupaten Deliserdang rata-rata berkisar 800 kantung per bulan. “Mudah-mudahan kebutuhan itu bisa terpenuhi tiap bulannya,” paparnya.

Menurutnya, dalam kegiatan aksi donor darah yang dilakukan, golongan darah yang banyak terhimpun adalah golongan darah O dan yang paling sulit atau langka golongan darah AB.

Untuk menjadi pendonor, kata Lili, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan, antara lain minimal usia 17-65 tahun, HB harus normal yaitu di atas 12,5, berat badan minimal 50 kg, tekanan darah 110-140 per 60-90. Dan, yang paling penting pendonor harus dalam keadaan sehat tidak memiliki riwayat penyakit besar seperti jantung dan diabetes.

“Semua darah yang didonorkan ini, kita lakukan pemeriksaan lagi atau kita screening untuk mendeteksi apakah darah tersebut terinfeksi hepatitis C, hepatitis B, HIV dan spilis. Kalau misalkan ada kita temukan darah tersebut terinfeksi penyakit-penyakit di atas maka harus kita musnahkan,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Donor Darah PT Aquafarm Nusantara Sahrial mengatakan, aksi donor darah ini diikuti oleh keluarga besar PT Aquafarm, masyarakat sekitar perusahaan serta dari lembaga Lateral. “Target tahun ini sebanyak 150 orang yang ikut mendonorkan darahnya sudah terpenuhi,” kata dia.

Dikatakannya, pihaknya bersyukur karena kegiatan donor darah ini selalu didukung oleh masyarakat sekitar perusahaan termasuk para kepala desanya yang juga ikut mendonorkan darahnya.
Seperti Kepala Desa (Kepdes) Sei Naga Lawan, Kecamatan Perbaungan Jaffar Sidik, Kepdes Lubuk Bayas, Kecamatan Perbaungan dan Sekretaris Desa Naga Kisar, Kecamatan Pantai Cermin Ahmad.

“Kegiatan donor darah ini juga merupakan bagian dari program CSR (Coorporate social responsibility) Aquafarm yang diusahakan dilakukan setiap tahun sejak tahun 2013, 2015 dan 2016,” jelas Sahrial.
Kegiatan donor darah tersebut juga dihibur oleh seorang kontestan Rising Star Trio Wijaya yang diadakan salah satu stasiun televisi swasta di dalam negeri dari Kota Medan. (LMC/rel)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top