Home / Medan / Medan Kembali Raih Piala Wahana Tata Nugraha

Medan Kembali Raih Piala Wahana Tata Nugraha

Walikota Medan T. Dzulmi Eldin (kiri) menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2016 dari Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi (kanan),  di Jakarta, Selasa (31/1). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 31/1 (LintasMedan) – Kota Medan kembali meraih piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2016 karena dinilai berprestasi dalam penataan transportasi yang berkelanjutan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan.

“Penghargaan tersebut merupakan yang keempat dan diterima secara berturut-turut,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Renward Parapat kepada pers, usai mendampingi Walikota Medan T.Dzulmi Eldin menerima penghargaan WTN yang diserahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan, predikat WTN diberikan lantaran Kota Medan dinilai memiliki tata kelola transportasi publik yang baik pada kategori kota besar.

Penghargaan tersebut adalah wujud dukungan atas upaya pemerintah dalam pembangunan dibidang lalu lintas dan perhubungan, yang sebelumnya telah dilakukan penilaian oleh tim dari Kementerian Perhubungan.

Dikatakannya, tidak seluruh ruas jalan yang menjadi objek penilaian tim penilai dari Kementerian Perhubungan.

Untuk tahun 2016, ada lima ruas jalan di wilayah administrasi Kota Medan yang diajukan oleh Pemko setempat untuk menjadi objek penilaian, yakni Jalan Diponegoro, Jalan Imam Bonjol, Jalan Sudirman, Jalan Letjen Suprapto dan Jalan Putri Hijau.

“Setelah tim dari Kementerian Perhubungan melakukan penilaian, Alhamdulillah Kota Medan kembali mendapat penghargaan Piala WTN. Yang membanggakan lagi, penghargaan ini merupakan yang keempat kalinya kita terima sejak tahun 2013,” ujar Renward.

Dikatakan, penghargaan WTN merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Kementerian Perhubungan terhadap kota-kota di Indonesia yang dinilai memiliki kinerja yang baik dalam pengelolaan sistem transportasi kota.

Penghargaan yang diberikan itu Selain piala, Kementerian Perhubungan juga memberikan dalam bentuk plakat dan piagam.

Sebelumnya, Walikota Medan Dzulmi Eldin mengatakan bahwa penghargaan WTN itu didedikasikan kepada seluruh warga Kota Medan.

“Semoga dengan adanya pemberian penghargaan ini, upaya dalam meningkatkan pelayanan transportasi kepada masyarakat di Kota Medan dapat semakin baik,” ujarnya.

Diakuinya, penobatan Kota Medan sebagai penerima piala WTN tersebut berkat dukungan penuh seluruh lapisan masyarakat dan unsur Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (FKPD), terutama Polrestabes Kota Medan.

Karena itu, Eldin berharap peran aktif tersebut bisa terus terjaga, termasuk menciptakan faktor transportasi yang kondusif.

Sebab, katanya, ketertiban dan kelancaran lalu lintas merupakan salah satu faktor pendukung untuk memajukan perekonomian masyarakat. (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top