Home / Medan / Perda Halal dan Higienis Diprioritaskan Selesai Akhir Maret

Perda Halal dan Higienis Diprioritaskan Selesai Akhir Maret

Medan, 31/1 (LintasMedan) – Ketua Pansus Ranperda pengawasan produk halal dan higienis DPRD Medan, Rajudin Sagala menegaskan pihaknya memprioritaskan produk hukum ini selesai Maret 2017.

Untuk tahap awal Pansus sudah menyusun jadwal pembahasan pada Februari 2017 dan akan memanggil sejumlah pihak yang punya keterkaitan langsung dengan Ranperda ini.

“Untuk ranperda ini kami prioritaskan akhir Maret sudah bisa diparipurnakan. Kemarin, kita (pansus-red) sudah melakukan rapat penjadwalan dan Alhamdulillah sudah rampung,” kata Rajudin, Selasa.

Dia mengatakan, guna memaksimalkan pembahasan ranperda tersebut Pansus akan melakukan pembahasan dengan sejumlah pihak diantaranya, Bagian Hukum Pemko Medan, Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, Balai Pemeriksa Obat dan Makanan (POM), MUI, Asosiasi Mall, Lembaga Perlindungan Konsumen, Majelis Ulama Indonesia serta pihak akademisi.

“Kita ingin memaksimalkan pembahasan ini sehingga bisa bermutu, makanya kita akan berkoordinasi dengan semua pihak. Untuk masalah kehalalan, kita memanggil MUI, Bagian Hukum. Kemudian masalah kesehatannya/higienis pansus akan memanggil Balai POM, MUI dan Yayasan Lembaga Konsumen,” paparnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Medan ini mengatakan, Perda ini nantinya diharapkan bisa menguntungkan semua pihak. “Kita sangat berkepentingan untuk menjadikan produk hokum ini bisa menguntungkan semua pihak. Tidak hanya dari sisi syariatnya dalam hal ini kehalalannya tetapi juga sehat dan layak konsumsi,” ucapnya.

Begitu juga soal ketersediaan daging halal di Kota Medan, Rajudin mengatakan Pansus akan mengintensifkan pembahasan dengan Perusahaan Daerah (PD) Rumah Potong Hewan (RPH) . (LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top