Home / Sports / Jhon Lubis Ingatkan Pengurus KONI Sumut Konsisten

Jhon Lubis Ingatkan Pengurus KONI Sumut Konsisten

Ketua Umum KONI Pusat saat melantik Jhon Lubis sebagai Ketua KONI Sumut masa bhakti 2017-2021 di Medan, Jumat (24/2).(Foto:lintasmedan/ist)

Medan, 24/2 (LintasMedan) – Ketua KONI Sumatera Utara Jhon Lubis mengingatkan jajaran di kabinetnya yang baru dilantik untuk lebih serius membenahi sistem pembinaan olahraga di provinsi ini.

“Saya punya target untuk mereka (pengurus KONI) agar lebih serius,” ujar Jhon menjawab pers usai dilantik, Jumat sore.

Khusus kepada pengurus KONI Sumut yang rangkap jabatan, yakni juga menjabat sebagai pimpinan di Pengurus Provinsi (Pengprov) organisasi induk cabang olahraga, menurut Jhon juga diterapkan target khusus.

Pimpinan Pengprov organisasi cabang olahraga yang juga masuk di kepengurusan KONI Sumut, kata Jhon harus mampu menghantarkan atletnya berprestasi pada PON XX/2020 di Papua.

“Yang punya hak berangkat di PON Papua harus atlet yang benar-benar menghasilkan prestasi, tidak hanya sekedar lolos PON namun nantinya hanya uji coba. Kalau hanya untuk jalan-jalan tidak jamannya lagi karena biaya ke Papua itu cukup mahal,” tegasnya.

Untuk itu dia mengingatkan pengurus KONI Sumut yang juga pimpinan Pengprov organisasi cabang olahraga harus betul-betul mampu membagi waktunya.

Jhon memaparkan bahwa tugas pimpinan organisasi cabang olahraga itu adalah mampu memprioritaskan prestasi di masing-masing cabor tersebut, sedangkan tugas dan tanggungjawab di KONI yakni mempersiapkan atlet menuju multi even.

“Multi even itu PON, jadi program kita program Pelatda PON,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui kepengurusan KONI Sumut periode 2017-2021 yang baru dilantik oleh Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman banyak diisi kalangan pimpinan Pengprov sejumlah induk organisasi cabang olahraga.

Mereka di antaranya Dahliana yang juga Ketua Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumut, Sakiruddin, Ketua Harian Persatuan Panahan Indonesia (Perpani), Januari Siregar , Ketua umum Persatuan Olahraga Dayung Indonesia (PODSI), Basyaruddin Daulay, Wakil Ketua Pengprov Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), Zahir Ketua Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi), Biller Pasaribu, Ketua Pengprov Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI), Salomo Pardede yang juga Ketua Pengprov Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI).

Namun dari sejumlah cabang olahraga tersebut, masih drum band dan biliar yang punya prestasi menggembirakan pada PON XIX/2016 di Jawa Barat yakni masing-masing meraih dua medali emas.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey